You are here
114 Orang Penderita HIV/AIDS Se Kabupaten Asahan DAERAH HEADLINE 

114 Orang Penderita HIV/AIDS Se Kabupaten Asahan

ASAHAN, MS – Tahun 2019 ada 114 orang yang terjangkit virus HIV/AIDS diseluruh kecamatan di Kabupaten Asahan. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan melalui Kabit P2P (pengembalian dan pemberantas penyakit) Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan Saprin Sanja Hutahaean saat dikonfirmasi oleh awak media diruang kerjanya, Kamis (23/01/2020).

Saprin mengatakan paling banyak yang terjangkit virus HIV/AIDS pada tahun 2019 ada dua kecamatan di Kabupaten Asahan yakni Kecamatan Kisaran Timur dan Kecamatan Kisaran Barat.

“Yang terjangkit virus HIV/AIDS di Kecamatan Kisaran Timur ada 11orang yakni laki-laki 9 orang dan perempuan 2 orang. Dan yang sudah meninggal ada 2 orang. Sedangkan di Kecamatan Kisaran Barat ada 12 orang yakni laki-laki 9 orang dan perempuan 3 orang, yang meninggal dunia 1 orang,” jelasnya.

Saprin juga menambahkan data tahun 2019 yang terdata saat ini dari 114 orang yang terjakit virus HIV/AIDS di seluruh Kabupaten Asahan dan 19 orang sudah meninggal dunia.

“Dan sisa penyebaran virus HIV/AIDS di 25 kecamatan diseluruh Kabupaten Asahan jadi tidak ada kecamatan yang bebas dari terjangkit virus HVI/AIDS ini,” cetus Saprin.

Dalam mencegah meningkatnya dan menyebarnya serta bertambahnya penderita virus HIV/AIDS di wilayah Kabupaten Asahan, Dinkes Asahan telah memberikan penyuluhan dan bimbingan terhadap bahaya melakukan seks sesama jenis, seks diluar nikah, jarum suntik narkoba, dan lainnya melalui puskesmas masing – masing. “Kami terus gencar mensosialisasikan bahaya virus HIV/AIDS ini,” tutup Saprin. (Andika)

Related posts

Leave a Comment