You are here
1398 Linmas disiagakan Untuk Pilkada HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

1398 Linmas disiagakan Untuk Pilkada

LUBUKLINGGAU, MS – Sebanyak 1398 linmas akan disiagakan untuk pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pilkada juni 2018 mendatang. Tak hanya saat pelaksanaan pilkada saja kedepan peran dan fungsi Linmas akan kembali diaktifkan ditiap wilayah Kota Lubuklinggau.

Kepala Satuan (Kasat) Pol PP, Elbaroma mengatakan dalam penempatannya nanti linmas ini akan di tempatkan 5 orang per TPS yang akan disebar di setiap penjuru TPS dikota Lubuklinggau. Tugas mereka nantinya selain mengamankan juga membantu PPS dalam melakukan Pemungutan suara pada hari H nya nanti.

“Mengamankan kotak suara dan jalannya Pemungutan suara adalah tugas pokok linmas dalam pilkada juni mendatang, selain itu juga linmas memiliki tanggung jawab yang cukup berat karena mereka dipastikan akan begadang bermalam di TPS,” ungkapnya.

Lanjut Elbaroma, uang tarnsport linmas ini ada, namun nominal nya kecil. “100 ribu perbulan dan itu dibayar per triwulan selama setahun ini, saat ini linmas ini masih melekat di kesatuan pol pp,” paparnya.

Sementara itu Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe mengatakan linmas ini harusnya diberdayakan, tidak hanya pada momentum pilkada saja.

Menurut Nanan sapaan akrab walikota mengutarakan kalau linmas harusnya berfungsi sebagai pengamanan di lingkungan masyarakat tidak hanya di siagaka ketika pilkada saja.

“Linmas ini harusnya menjadi garda terdepan, sebagai pengamanan dan perpanjangan tangan dari pihak kepolisian dalam mengawasi dan mewujudkan keamanan lingkungan, dengan melakukan siskamling dan jaga malam,” ujarnya di

Namun dalam hakikatnya untuk memberdayakan linmas tentu harus diperhatikan kesejahteraan nya. “Saya berharap kedepan insentif Linmas akan rutin dianggarkan agar peran dan fungsi Linmas kembali aktif di lingkungan masyarakat,” pungkasnya.(dhiae)

Related posts

Leave a Comment