oleh

314 PPK Musi Rawas Sudah Kembalikan Berkas

MUSI RAWAS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas mengumumkan pembukaan pendaftaran anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Musi Rawas 2024.

Pendaftaran sudah dimulai pada hari Selasa (23/4/24) dan akan berlangsung selama satu Minggu hingga 29 April 2024.

Divisi Parmas & SDM KPU Musi Rawas, Yogi Juli Saputra , saat di konfirmasi, Kamis (1/5) menyatakan bahwa proses rekrutmen akan dilakukan secara terbuka sesuai Keputusan KPU RI Nomor 476 tentang pembentukan badan ad hoc.

Penerimaan PPK di KPU Kabupaten Musi Rawas Sumsel pertanggal 29 April 2024 sudah tutup. Saat ini sudah memasuki tahap pengembalian berkas secara fisik

“Proses ini terbuka untuk umum guna memastikan transparansi dan kompetensi anggota PPK,” kata Yogi

Setelah tahap pengembalian berkas fisik pihaknya melakukan pemeriksaan administrasi.

Total ada 70 posisi yang dibuka untuk 14 kecamatan di Kabupaten Musi Rawas, dengan masing-masing kecamatan akan memiliki lima anggota PPK.

“Komposisi anggota di tiap kecamatan sama dengan Pemilu 2024, yaitu lima orang per kecamatan,” jelas Yogi yang juga mantan aktifis HMI

“Selanjutnya tanggal 7 hingga 8 Mei 2024 kita akan lakukan tes CAT” katanya

Dimana kata Yogi pelaksanaan tes CAT rencana dilaksanakan di SMK Tugumulyo Musi Rawas, dalam proses CAT sambungnya peserta bisa langsung melihat hasilnya dihari yang sama.

“Kan itu online dari KPU RI jadi bisa lihat hari itu juga” ujarnya

Dan pihaknya juga memperhatikan keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen.

“Kalau untuk keterwakilan perempuan harusnya ada 30%, untuk perempuan selama tes CAT dan memang benar-benar memenuhi syarat untuk dijadikan, pasti kita jadikan” bebernya.

Yogi menambahkan ada pula peserta yang ikut perekrutan merupakan wajah lama sebab pelaksanaan perekrutan PPK terbuka untuk umum jadi siapapun boleh ikut.

“Tetapi kalau ada catatan khusus tentunya sebagai pertimbangan kami untuk menentukan langkah selajutnya”tutup Yogi.

Dari data Siakba yang sudah mendaftar untuk PPK di 14 kecamatan berjumlah 356 yang mengembalikan berkas secara fisik 314.

Berikut jadwal pendaftaran calon anggota PPK, dari 23 hingga 29 April, pengumuman hasil seleksi administrasi pada 4 sampai 5 Mei, seleksi tertulis pada 6 hingga 8 Mei, tes wawancara pada 11 sampai 13 Mei, dan pengumuman hasil seleksi final pada 14 hingga15 Mei. Pelantikan anggota PPK terpilih akan dilakukan pada 16 Me 2024.(Dhia)

News Feed