You are here
4 Lembaga Kemasyarakatan Harus Tahu Tupoksi DAERAH HEADLINE 

4 Lembaga Kemasyarakatan Harus Tahu Tupoksi

Sul 2

MUSI BANYUASIN, MS – Pemerintah Kelurahan Ngulak Kecamatan Sanga Desa Jumat, kemarin (18/1/2019) mengadakan pelantikan terhadap 4 lembaga kemasyarakatan yang berada di lingkungannya, keempat lembaga tersebut yakni Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Tim Penggerak PKK, Karang Taruna, serta Kader Posyandu.

Acara tersebut dilaksanakan di Balai Kelurahan Ngulak sekitar pukul 14.00 WIB dihadiri langsung Camat Sanga Desa Suganda, A.P, M.Si, perwakilan Polsek Sanga Desa, serta Koordinator Wilayah UPT Disdikbud Sanga Desa Suhaidi, S.Pd.,M.Si.,MM.

Lurah Kelurahan Ngulak Rusmin Nuryadin, SH, MH dalam sambutannya mengucapkan terima kasih terhadap kepengurusan 4 lembaga kemasyarakatan untuk periode sebelumnya.

“Saya secara pribadi maupun kelembagaan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kepengurusan LPM, Tim Penggerak PKK, Karang Taruna, serta Kader Posyandu atas dedikasi nya selama satu periode terakhir. Apa yang telah bapak dan ibu lakukan selama satu tahun atau beberapa tahun kebelakang tentu nya sudah membawa perubahan dan sumbangsih pembangunan tersendiri bagi kelurahan Ngulak yang kita cintai ini,” ucapnya.

Selanjutnya Rusmin pun mengajak kepada kepengurusan 4 lembaga kemasyarakatan yang baru saja dilantik. Agar melaksanakan tugasnya secara maksimal sesuai dengan tupoksi nya masing-masing.
“Kepada bapak dan ibu pengurus yang baru dilantik saya ucapkan selamat. Mari kita sama-sama bekerja guna membangun Kelurahan Ngulak menjadi lebih baik lagi, baik itu dari segi pembangunan fisik, sumber daya manusia nya, sektor kepemudaan nya, ataupun sektor kesehatan masyarakatnya,” ungkap Rusmin.

Sementara itu Camat Sanga Desa Suganda, A.P.,M.Si dalam kesempatan acara yang sama mengatakan agar menjadikan lembaga kemasyarakatan yang ada sebagai wadah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

“Lembaga kemasyarakatan merupakan suatu lembaga yang tumbuh dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat. Artinya masyarakat yang terlibat dalam kelembagaan tersebut sangat mengetahui apa saja kondisi yang sedang terjadi dalam masyarakat tersebut. Sehingga nantinya di harapkan melalui lembaga ini berbagai masalah yang ada di tengah masyarakat dapat teratasi dengan baik, selain itu baik LPM, Tim Penggerak PKK, Karang Taruna, serta Kader Posyandu ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak perubahan bagi masyarakat ” ujar Camat.

Lebih lanjut ia pun berharap agar para pengurus keempat lembaga kemasyarakatan kelurahan Ngulak yang baru saja di lantik dapat menjadi katalisator dalam masyarakat untuk ikut berpartisipasi terhadap pembangunan.

“Sekali lagi jadikan lembaga ini sebagai tempat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, baik pembangunan fisik maupun pembangunan sumber daya manusia,” harapnya.

Ditempat yang sama setelah dilaksanakan acara pelantikan pemerintah Kelurahan Ngulak pun menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan untuk tahun anggaran 2020.

Berbagai usulan diberikan oleh perwakilan masyarakat yang hadir. Pemerintah kelurahan beserta LPM pun berjanji akan membawa beragam usulan dan aspirasi masyarakat tersebut ke Musrenbang tingkat kecamatan. Selain itu juga dilaksanakan acara sosialisasi program PTSL untuk tahun 2019 oleh pihak ATR/BPN Kabupaten Musi Banyuasin. (SBA)

Related posts

Leave a Comment