You are here
50 Anggota Paskibraka Ikuti Pendidikan dan Pelatihan DAERAH HEADLINE 

50 Anggota Paskibraka Ikuti Pendidikan dan Pelatihan

MUARAENIM, MS – Sebanyak 50 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Muaraenim mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka di GOR Pancasila Muaraenim, Kamis (01/08/2019).

Kepala Dispora Kabupaten Muaraenim Rusdi Khairullah mengatakan, Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa yang bertanggung jawab, berkarakter, berkapasitas, berkualitas dan memiliki kemampuan serta pengetahuan tentang Paskibraka untuk Pengibaran Duplikat Bendera Pusaka HUT RI di Kabupaten Muaraenim.

Kemudian, meningkatkan Kapasitas dan Kompetensi Pemuda, memperluas kesempatan memperoleh dan meningkatkan keterampilan, menyiapkan Kader Pemuda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, mandiri, bertanggung jawab, serta memiliki jiwa kepemimpinan, berdasarkan Undang-Undang 1945 dan Pancasila.

“Kegiatan Diklat ini, akan menggunakan dua tempat yaitu Arena GOR Pancasila Kabupaten Muaraenim sebagai tempat Penginapan, Penerimaan Materi dan LTBB (Latihan Tehnik Baris Berbaris),Kemudian dilapangan Merdeka Kabupaten Muaraenim untuk LTBB (Latihan Tehnik Baris Berbaris) dan Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 Kabupaten Muaraenim Tahun 2019.”ujar Rusdi.

Rusdi juga menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan Pendidikan dan Latihan Paskibraka Kabupaten Muaraenim terdiri dari 50 Orang yakni 23 orang Putri dan 27 orang putra yang berasal dari Kecamatan-Kecamatan yang ada dalam Kabupaten Muaraenim.

“Pembiayaan dalam pelaksanaan kegiatan ini di bebankan pada APBD Kabupaten Muaraenim Tahun 2019,”katanya.

Sementara itu Bupati Muaraenim Ir H Ahmad Yani MM yang diwakili Staf Ahli Hukum dan Politik Alfarizal didampingi Kadisporapar Muaraenim Rusdi Khairullah, mengatakan kegiatan Diklat Dasar Kepemimpinan Anggota Paskibraka ini adalah kegiatan rutin tahunan dalam rangka menjaring dan memilih siswa-siswi yang berbakat untuk dibentuk menjadi pemuda yang memiliki kedisiplinan tinggi.

“Paskibraka adalah putra-putri terbaik yang memiliki keistimewaan, bukan hanya sebagai Pasukan Pengibar Bendera pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74, tetapi juga harus mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, disiplin serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.”ucap Alfarizal.

Sebagai anggota Paskibraka lanjut Alfarizal,kedepannya agar dapat memilah dan menghindari hal-hal yang dapat merusak citra diri keluarga, masyarakat dan bangsa serta jauhilah narkoba dan pergaulan bebas yang bukan merupakan citra bangsa khususnya agama, karena di pundak kalian nasib bangsa ini akan dipertaruhkan.

“Kepada anggota Paskibraka, berbuat dan berkaryalah yang positif dimulai dari diri kalian sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya. (dn/red)

Related posts

Leave a Comment