You are here
50 Ha Sawah Ditanam Jagung DAERAH HEADLINE 

50 Ha Sawah Ditanam Jagung

LUBUKLINGGAU, MS – Pasca musibah kekeringan yang melanda lahan persawahan warga Kelurahan Tababaru, Margorejo dan Marga Bakti Kecamatan Lubuklinggau Utara I seluas 64 Hektar (Ha). Kini telah beralih bertanam jagung.

Kepala Dinas Pertanian, Dedi Yansyah, Jumat (30/8/2019) mengutarakan, saat ini ada 50 Ha lahan sawah ditanami jagung agar tidak terbengkalai.

“Hal ini untuk mengantisipasi lahan persawahan jangan sampai tidak produktif akibat tidak bisa teraliri irigasi. Jagung juga menjadi pengganti makanan pokok warga, apalagi kepercayaan masyarakat etnis Jawa, dibulan Muharram atau Suro ini jangan dulu mengkonsumsi nasi asal beras,” jelasnya.

Kondisi ini menurutnya telah dilaporkan kepada Dinas Pertanian Sumsel agar memberi solusi terhadap lahan persawahan ini, sehingga kedepan semakin produktif.

Sementara, terkait luasan lahan potensial pertanian di Kota Lubuklinggau, telah disepakati dengan luasan 1.086 Ha bersama ATR-BPN dan BPS Lubuklinggau pada rakor dua pekan lalu.

“Kesepakatan ini diserahkan ke Walikota Lubuklinggau, dan telah dipertegas dalam Perda RTRW sebagai payung hukum. Artinya sudah disepakati bahwa luasan lahan potensial ini menjadi data baku Pemkot, BPN dan BPS untuk jadi data di kementerian. Tinggal lagi perlu ada payung hukum melaksanakan Perda RTRW khusus lahan pertanian melalui Perwal, yang saat ini aturannya juga harus lewat persetujuan Gubernur Sumsel dalam aksinya,” pungkasnya. (dhia)

Related posts

Leave a Comment