You are here
8 Mei, PDIP Prabumulih Buka Pendaftaran Balon Wako dan Wawako HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

8 Mei, PDIP Prabumulih Buka Pendaftaran Balon Wako dan Wawako

PRABUMULIH, MS – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Prabumulih membuka bursa pendaftaran Bakal Calon (Balon) Walikota (Wako) dan Wakil Walikota (Wawako). Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Prabumulih, H Andriansyah Fikri SH, Kamis (4/5/2017).

“Ya, PDIP Prabumulih mulai tanggal 8-28 Mei membuka pendaftaran Bakal Calon (Balon) Wako dan Wawako Prabumulih,” ungkap pria yang akrab dipanggil Fikri ini.

Pendaftaran itu sendiri, dikatakan dia, dibuka untuk masyarakat umum. “Bagi yang berminat dan memenuhi syarat dapat langsung mendaftar di Sekretariat PDI Perjuangan di Simpang Tiga Tugu Kuda,” ujarnya.

Memang diakuinya, untuk penyeleksian Balon Wako dan Wawako di PDIP sangat selektif. Dimana, bagi yang mendaftar dan memenuhi persyaratan nantinya akan diseleksi lagi Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Pusat (DPP).

“Nanti, nama-nama yang telah mendaftar akan di survey internal tim, baik elektabilitas dan popularitas akan di survey. Intinya, PDIP membuka buat masyarakat yang ingin mendaftar Balon Wako dan Wawako,” pungkasnya.

Dengan demikian, para calon dari PDIP ini yang benar-benar siap memenangkan Pilkada Prabumulih 2018. “Ya, kalau survey calon itu tinggi, tidak menutup kemungkinan calon dari luar partai yang kita usung,” imbuhnya.

Terpisah, Sekretaris DPC PDI Perjuangan kota Prabumulih, Haferi menuturkan setiap Balon Wako dan Wawako harus wajib memenuhi 21 persyaratan. Diantaranya yakni pendidikan minimal SMA atau sederajat, surat keterangan dari Pengadilan Negeri (PN) yang menerangkan tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap dengan ancaman pidana penjara lima tahun.

“Ya, tanggal 8 – 28 Mei PDIP Prabumulih buka pendaftaran Balon Wako dan Wawako. Syarat-syaratnya bisa dilihat dan diambil di Sekretariat PDIP Kota Prabumulih,” pungkasnya.

Lebih lanjut, dikatakan Haferi, untuk pengembalian berkas Balon Wako dan Wawako sendiri 29 Mei sampai 5 Juni 2017. “Ya, untuk verifikasi Balon Wako dan Wawako sendiri 6 – 11 Juni dan perbaikan berkasnya sekitar tanggal 12 – 17 Juni,” jelasnya. (nor)

Related posts

Leave a Comment