oleh

Anak SD Bakal Divaksin, Dinkes Jamin Vaksin Asli

dr Hj Hesti Widyaningsih MKes
dr Hj Hesti Widyaningsih MKes

PRABUMULIH, MS – Dinas Kesehatan Kota Prabumulih berencana akan menggelar Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Hal ini dikatakan Plt Kepala Dinas Kesehatan dr Hj Hesti Widyaningsih MKes, Jumat (5/8).

Dikatakan dia, BIAS merupakan program tahunan dari kementerian kesehatan. “Ya, dalam waktu dekat akan kita gelar vaksin terhadap anak kelas 1 hingga kelas 3,” jelasnya.

Dalam program BIAS itu sendiri, dijelaskan Hesti, akan diberi imunisasi berupa vaksin campak, TT (tetanus toxoid), dan DT (difteri tetanus). “Jadi vaksin akan dibagi untuk kelas 1 itu campak dan kelas 2 dan 3 yang diberikan vaksin dt dan tt,” ujarnya.

Menurut Hesti, vaksin yang akan diberikan sangat penting bagi anak-anak. Untuk itu, setiap anak akan diwajibkan untuk mendapatkan vaksin. “Ya, vaksin ini untuk kekebalan tubuh pada anak tersebut,” pungkasnya.

Ketika ditanya apakah vaksin yang akan diberikan itu vaksin asli? Ia menegaskan, para orang tua tidak perlu khawatir vaksin yang akan diberikan pada anaknya. “Kami jamin vaksin asli yang akan diberikan, Ya, karena langsung Kementerian Kesehatan melalui Provinsi,” tegasnya sambil mengatakan vaksinasi akan dilakukan petugas dari masing-masing Puskesmas.

Memang diakuinya, saat ini pihaknya belum tahu pelaksanaan vaksin tersebut akan dilakukan. Sebab, pihaknya masih menunggu pendistribusi vaksin dari dinas Provinsi. “Target kita pada bulan Agustus selesai. Intinya tunggu saja buat anak-anak sekolah dasar di Kota Prabumulih,” imbuhnya. (nor)

News Feed