You are here
Ananta: Bangunan Irigasi Prioritaskan Saluran Bendung dan Primer DAERAH HEADLINE 

Ananta: Bangunan Irigasi Prioritaskan Saluran Bendung dan Primer

LAHAT, MS – Terkait dengan pertemuan konsultasi masyarakat (PKM).SID rehabilitasi jaringan irigasi/rawa D.I kewenangan kabupaten Lahat (IPDMIP) yang meliputi 6 Kecamatan dan 14 desa serta memiliki 6 irigasi yang terditi dari sungai batu surau, siring agung sukarame, air asam, air lematang 1, air kuali, siring agung.

Kepala Dinas PU dan Tata Ruang kabupaten Lahat melalui kepala bidang sumber daya air Lahat Ananta, ST.MT mengemukakan, bahwa pertemuan itu adalah tahap penyusunan SID dan survei integrasi desain mengenai irigasi di kabupaten Lahat.

Pada dasarnya pertemuan tersebut adalah menyampaikan permasalahan-permasalahan serta kendala-kendala yang ada, untuk segera disempurnakan dan di perbaiki.

Sehingga pada dasarnya masalah pokok terletak pada bangunan bendungan sebagai bahan sadap air primer, sebagai dinas yang membidangi masalah pengairan dan irigasi memberikan masukan supaya pada pembangunan irigasi nanti memprioritaskan pada saluran bendung dan saluran primer.

Dilanjutkanya untuk sementara pada tahap ini baru survei kelayakan pada petak-petak tersier yang sudah ada sebelumnya.Sebagai dinas yang membidangi sumber daya air yang bertugas untuk mengurus bendung pengarah arus bangunan primer dan sekunder, dalam hal ini segala kegiatan dan program ini sudah ada pada rencana kerja dan untuk pelaksanaan pembangunan infrasruktur untuk tahun 2020 dan dalam proses tahapanya dilaksanakan selama 5 tahun.

Beliau berharap agar dengan adanya program ini akan tercapai swasembada pangan di Kabupaten Lahat.

“Saya mengimbau kepada petani yang mendapatkan fasilitas ini dapat memeliharanya yang dalam hal ini irigasi dapat di gunakan dengan baik dan tepat guna.” jelasnya, Jum’at (22/3/19) di ruang kerja. (Nur)

Related posts

Leave a Comment