You are here
Anggaran 2021 Fokuskan Desa Baru yang Belum Menerima Air Minum Pamsimas DAERAH HEADLINE 

Anggaran 2021 Fokuskan Desa Baru yang Belum Menerima Air Minum Pamsimas

LAHAT, MS – Pemerintah kabupaten Lahat melalui Bappeda mengadakan rapat koordinasi kabupaten terkait program Pamsimas III kabupaten Lahat tahun angaran 2021, bertempat di oproom Pemkab, Rabu (9/9/20).

Kepala Bappeda Kabupaten Lahat Ir Herman Oemar menyampaikan bahwa penyelengaraan sosialisasi penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat ini merupakan salah satu program nasional yang di amanatkan untuk meringankan masyarakat untuk mendapatkan akses air minum dan sanitasi.

“Sosialisasi menjelaskan tentang program Pamsimas terkait pemilihan desa sasaran target dan jumlah penerima manfaat kriteria desa,serta menjelaskan tata cara penyusunan,mengisi dan penyampaian proposal desa,” jelasnya.

Ditambahkan oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Kabupaten Lahat Sinta Dewayanti ST MM melalui Kepala Sub Bidang Perumahan,Permukiman dan Perhubungan Bappeda Kabupaten Lahat Yulia Anisa SE MM bahwa program Pamsimas III tahun 2021 merupakan program bantuan hibah untuk air minum dan sanitasi bagi pedesaaan.

Pada tahun anggaran 2021 nanti di fokuskan bagi desa baru yang belum pernah menerima bantuan air minum Pamsimas sebelumnya,

Ada beberapa Kriteria untuk desa harus belum pernah mendapatkan bantuan Pamsimas sebelumnya,diantaranya harus masuk dalam cekungan air tanah artinya mempunyai sumber air baku, desa tersebut memiliki lebih dari 700 KK.

“Dengan adanya sosialisasi program Pamsimas III ini di harapkan dengan akan berakhirnya program Pamsimas tahun 2021 akan berlanjut, dan desa-desa yang pernah mendapatkan bantuan Pamsimas sebelumnya akan mendapatkan bantuan perbaikan melalui program HID dan HKP.”harapnya

Wakil Bupati Lahat H Hariyanto mengharapkan kedepanya target Pamsimas dapat mencapai target agar kabupaten Lahat dapat terlepas dari kabupaten miskin

” selain kita telah membangun kita harapkan juga agar dapat memelihara fasilitas yang telah ada , ” tutupnya.

Dihadiri oleh sekda kanupaten Lahat H Januarsyah, Ketua PPMU Pamsimas Sumatera Selatan Achmad Syaiful, panitia kemitraan program Pamsimas,para Camat dan Kepala Desa.