You are here
Anggota PWI Harus Selektif DAERAH HEADLINE 

Anggota PWI Harus Selektif

PALEMBANG, MS – Kamis (7/11/2019) bertempat di Hotel Amaris Palembang diselenggarakan Orientasi – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel, peningkatan status dan calon anggota baru. Sekitar 85 orang yang hadir dalam orientasi dan 65 orang yang akan ikut pada uji kompetensi wartawan (UKW) pada 11 Nopember dan 12 Nopember 2019 mendatang di Hotel Santika, demikian dijelaskan oleh Wakil Ketua bidang organisasi PWI Sumsel, H Anwar SY Rasuan. “Kegiatan orientasi ini di kurun waktu 8 bulan kepengurusan di PWI Sumsel ini adalah UKW yang ke tujuh,”paparnya.

Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar SPd MSi mengharapkan PWI Sumsel menjadi wadah wartawan milenial untuk belajar, berbagi ilmu dan menjadi profesional.

Lebih jauh uji kompetensi ini menjadikan wartawan tidak sembarang, dan PWI Sumsel lebih selektif dalam keanggotaan tidak sembarangan

“Anggota PWI Sumsel cukup banyak, namun kita harapkan mereka yang tergabung orang yang potensial memberikan informasi yang sesuai kode etik jurnalistik yang ada, tak mudah berpuas diri, dan terus belajar,” tegas Firdaus.

Sebagai Ketua Dewan Kehormatan Wartawan (DKP) Sumsel H Kurniati Abdullah melihat semakin banyak kemajuan yang ada dalam tubuh PWI Sumsel. “Semakin banyak wartawan saat ini. Jumlahnya yang banyak diharapkan sesuai dengan kualitasnya,” katanya.
Sebagai Pemateri Iman Handiman memaparkan cara-cara dalam penulisan berita, memperoleh informasi dan pengumpulan data. “Piramida terbalik dan piramida yang ada dalam penulisan yang ada harus disesuaikan dengan dengan berita dan jenisnya,” jelas Iman.

Sementara salah satu peserta UKW dari Oki yakni Nisa (35) dari media Ogan Ekspres mengatakan bahwa ada sekitar 6 jurnalis yang ikut dalam kegiatan ini dari OKI. “Kita rombongan berharap bisa belajar menjadi jurnalis yang profesional dan lebih baik,” terang Nisa. (Soufie)

Related posts

Leave a Comment