You are here
Antisipasi Banjir, PU CK Lakukan Normalisasi Sungai DAERAH 

Antisipasi Banjir, PU CK Lakukan Normalisasi Sungai

PALI, MS – Mengantisipasi datangnya banjir, pemerintahan melalui Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya (CK), lakukan normalisasi sungai, dengan cara membuat galian sungai baru, dan memperluas bantaran sungai yang ada, semakin banyak sungai kecil dibangun, mengurangi banjir yang datang di Bumi Serepat Serasan.

Kadin PU CK kabupaten PALI, Ir Selamat Irianto MSi, mengungkapkan bahwa bupati Ir Heri Amalindo MM, telah memerintahkan seluruh instansi yang berkaitan dengan menanggulangi bencana alam, dinas pekerjaan umum (PU) Cipta Karya (CK), sebagai dinas terkait harus melakukan penanggulangan bencana tersebut, dengan melakukan normalisasi sungai.

“Pihaknya telah membuat beberapa titik sungai, untuk menampung jumlah air yang datang, adapun sungai yang dikerjakan yakni Sungai di Kawasan Simpang Beracun, Samping Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), pelebaran sungai ini hanya untuk mengantisipasi banjir datang, “ ujarnya. Rabu (7/12)

Ia bahkan telah mensosialisasikan masyarakat yang ada di Sungai Abab, khususnya kelurahan Talang Ubi Barat, barang siapa yang tinggal di bantaran sungai, akan dipindahkan tempat tinggalnya, sebab sudah ada di peraturan bahwa masyarakat dilarang mendirikan rumah di dekat bantara sungai, akan tetapi pemerintahan, masih mencari lokasi masyarakat yang bakal di gusur tempat tinggalnya.

“Disini pemerintahan akan berupaya mencari tempat tinggal baru bagi masyarakat digusur, dan masih mencari tanah hibah untuk pembangunan rumah tersebut, ada 50 rumah yang bakal ditempati oleh masyarakat Talang Pipa, dan masih meminta bantuan pemerintahan pusat untuk merelokasikan pembangunan tersebut, “ tuturnya.

Ia mengatakan setelah adanya rumah bakal ditempati masyarakat yang digusur, barulah bisa melebarkan sungai Abab, sebab apabila sungai itu masih ada pemukiman masyarakat, sangatlah sulit melakukan pelebaran sungai, maupun normalisasi sungai. (Yeng)

Related posts

Leave a Comment