You are here
Antisipasi DBD, Pemda Muba Ajak Masyarakat Bersih Kampung HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

Antisipasi DBD, Pemda Muba Ajak Masyarakat Bersih Kampung

MUSI BANYUASIN, MS – Memasuki musim pancaroba, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) mengajak masyarakat untuk membersihkan perkarangan rumah masing-masing. Hal ini dikarenakan banyak bermunculan bibit penyakit yang menyerang masyarakat diantaranya Influenza, Tipes, Diare, dan penyakit populer sering datang dimusim ini ialah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk diantaranya Demam Berdarah Dengue (DBD), dan Malaria.

Untuk mengantisipasi Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin bergerak tanggap mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan untuk melindungi warganya, Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Muba melakukan kegiatan Pogging pada beberapa titik rawan di Kecamatan Sekayu, Muba.

Kepala Dinas Kesahatan Kabupaten Muba Azmi Dariusmansyah mengatakan upaya pemberantasan penyakit DBD harus terintegrasi mulai dari pencegahan, penemuan penderita, pengamatan penyakit, penyelidikan epidemiologi, penanggulangan, dan penyuluhan kepada masyarakat. Selain itu, dilakukan pula dukungan dari masyarakat melalui program 3M Plus (Menutup wadah penampungan air, Mengubur atau membakar barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk, dan Menguras atau mengganti air di penampungan air). Serta menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk oles, menggunakan kelambu saat tidur dan menaburkan bubuk larvasida.

“Pemerintah dan masyarakat harus kerjasama dalam penanggulangan kasus demam berdarah, semaksimal mungkin pemerintah akan berupaya melakukan pengendalian penyebaran DBD dgn cara fogging, dan fogging jg tidak akan efektif jika masyarakat tidak melaksanakan 3M Plus,” kata Azmi.

“Untuk itu, langkah yang perlu dilakukan masyarakat adalah membiasakan diri menjaga sanitasi lingkungan dan tempat tinggal agar tetap bersih dan sehat. Hal ini merupakan kunci dalam pengendalian terhadap bahaya demam berdarah,” tutupnya.

Camat Sekayu, Marko Susanto, SSTP, Msi yang mendampingi langsung kegiatan fogging tersebut mengungkapkan, pihaknya bersama masyarakat menyambut baik reaksi cepat yang dilakukan Bapak Bupati Muba melalui Dinkes Muba dalam upaya memutus mata rantai penularan DBD dalam wilayah Kecamatan Sekayu. “Kami akan mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungannya masing-masing agar senantiasa bersih memperhatikan “3 M” terutama saat musim penghujan ini,” ungkapnya.

Sementara Zaenal warga Kecamatan Sekayu mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah kabupaten Muba dibawah kepemimpinan Dodi Reza Alex, karena sangat peduli terhadap kesehatan warganya.

“Kami mengucapkan terimakasih pada Pemda Muba, khususnya Dinas Kesehatan Muba dengan sigap talah melakukan penyemprotan (fogging) nyamuk demam berdarah,kami juga akan segera melukukan pembersihan dan melakukankan pemberantasan sarang nyamuk mengigat sekarang sudah memasuki musim penghujan,” ujarnya.

Kegiatan fogging itu sendiri dilakukan di beberapa titik Kecamatan Sekayu. Diantaranya, Jalur 1 Kelurahan Kayuara 2 titik, depan kantor pos sekayu dan perumahan Selarai Kelurahan Balai Agung’ dan sekitarnya tutup camat Sekayu. (red)

Related posts

Leave a Comment