You are here
Atasi Banjir, Pengerukan Sungai Talang Karet Diusulkan DAERAH HEADLINE 

Atasi Banjir, Pengerukan Sungai Talang Karet Diusulkan

MUKOMUKO MS – Pendangkalan sungai di RT 05 Talang Karet Bandaratu, Kecamatan Kota Mukomuko membuat kapasitas penampungan air semakin berkurang. Hal ini ditandai dengan seringnya sungai meluap hingga menyebabkan banjir di sejumlah titik. Bupati Mukomuko, Choirul Huda, sendiri telah menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk mengatasi masalah banjir tersebut.  Informasi terkini, pengerukan sungai di daerah itu sedang dalam tahap pengusulan. “Untuk mengatasi banjir Talang Karet ini sedang diusulkan,” ujar Sunaji. Kabid Sumber Daya Air, Dinas PUPR.

Sementara itu menurut Kepala BPBD kabupaten Mukomuko, Ramdani, dana emergency sendiri tidak ada di BPBD sehingga ketika terjadi bencana masyarakat harus melapor terlebih dahulu. Setelah itu akan dilakukan pengecekan lalu pengusulan ke tingkat pusat. “Kalau dana emergency tidak ada, selain itu harus ada mekanisme yang harus dilewati untuk menangani bencana tersebut, dan harus ada laporan dari masyarakat agar penanganan bisa dilakukan,” terang Ramdani.

Terpisah, Ketua RT 05 Talang Karet, Mahfud menegaskan bahwa pengerukan sungai sangat dibutuhkan sebagai solusi mengatasi banjir. “Iya penyebab banjir ini karena sungai yang dangkal, belum ada pengerukan sampai sekarang, jadi Talang karet akan banjir terus selama sungai di Talang Karet ini gak dikeruk,” ujar Mahfud. (ri/*)

Related posts

Leave a Comment