You are here
Bandit Pecah Kaca Terekam CCTV, Bawa Kabur Rp300 Juta HEADLINE 

Bandit Pecah Kaca Terekam CCTV, Bawa Kabur Rp300 Juta

Ilustrasi
Ilustrasi

PRABUMULIH, MS – Pelaku kejahatan dengan modus memecahkan jendela kaca kendaraan roda empat kembali terjadi. Kali ini, bandit pecah kaca ini berhasil menggondol uang Rp300 juta dari dalam mobil Debi Heryanto (35), warga Dusun 1, Desa Raja Muara Sungai, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.

Aksi kawanan bandit memecahkan kaca pintu samping depan kanan mobil korban jenis Toyota Inova warna silver dengan plat nopol belum diketahui itu terjadi begitu cepat. Namun dua orang yang diduga pelakunya itu sempat terekam oleh beberapa CCTV di kawasan pasar.

Terlihat dari hasil rekaman CCTV itu, dua orang yang diduga sebagai pelaku yang membawa kabur tas berisi uang tunai korban diketahui tengah berboncengan menggunakan sepeda motor jenis Yamaha MX 150 ke arah jalan pos kota dusun Prabumulih. Dari hasil sementara, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan untuk menangkap pelakunya.

Kejadian itu terjadi di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya kawasan Pasar depan Rumah Makan (RM) Sederhana, Kelurahan Pasar 1, Kecamatan Prabumulih Utara, kemarin (22/7), sekitar pukul 17.45 WIB.

Informasi yang berhasil dihimpun, kejadian itu berawal korban baru saja keluar dari sebuah bank yang ada di wilayah Kelurahan Muara Dua, Prabumulih Timur sambil membawa tasnya menuju arah masuk pintu mobilnya yang ia parkirkan di area parkiran bank tersebut.

Tak berapa lama kemudian, Debi yang baru saja mengambil uang tunai sekitar Rp300 juta yang disimpannya didalam tas yang dibawanya itu tanpa ditemani maupun pengawalan polisi berkendara di Jalan Jenderal Sudirman ke arah pasar untuk mencari makan. Saat tiba di pasar, korban pun berhenti di RM Sederhana lalu memarkirkan mobilnya di pinggir jalan sekitar.

Akan tetapi, tanpa disadari Debi rupanya dua orang yang berkendara motor yang diduga sebagai pelaku itu tengah mengikuti kemana arah pergi korban setelah keluar dari bank sebelumnya. Diduga kuat, para bandit ini telah mengintai korban sejak pertama korban berada di bank tersebut.

Lantaran di lokasi kejadian itu, secara tiba-tiba satu diantara terduga pelaku itu turun dari motornya dan mendekati mobil korban sambil melihat-lihat isi ke arah dalam mobil tersebut. Sementara, satu pelaku menunggu diatas motor, pelaku yang mendekati mobil korban itu kemudian melihat sebuah tas diletakkan korban di kursi supir mobil, dan satu kaca kaca pintu bagian supir mobil Inova yang di parkir korban itu pecah berhamburan.

Hingga seketika tas berisi uang tersebut berhasil di bawa kabur para pelaku yang leluasa langsung pergi meninggalkan lokasi berkendara motor ke jalan arah PTM itu. Barulah, setelah kejadian pecah kaca itu, warga dan pengendara lain yang melintasi lokasi mengetahui dan melihat kaca mobil itu pecah.

Yang selanjutnya, korban yang tengah menyantap makanannya di RM Sederhana terdengar ada keramaian di luar yang menyebut kaca mobil pecah. Dan disaaat itu pula korban ingat akan uang dalam tas yang ia tinggal dalam mobil. Sontak, korban berlari ke parkiran RM itu.

Betapa terkejutnya korban, melihat kaca mobilnya itu pecah dan mendapati tas miliknya itu sudah hilang. Debi pun menduga tas itu telah dibawa kabur pencuri, sehingga korban selanjutnya melapor ke polisi di Mapolsek Prabumulih Barat.

Kapolres Prabumulih, AKBP Arief Adiharsa SIk MTCP melalui Kabag Ops, Kompol Andi Supriyadi SH SIk MH membenarkan kejadian itu. “Ya, ketika mendapatkan laporan kejadian itu, anggota Polres dan Polsek Barat langsung ke tempat kejadian perkara (TKP). Dan anggota sudah mengumpulkan keterangan,” ujarnya.

Dikatakan diaaksi bandit pecah kaca tersebut, diketahui pelaku berjumlah dua orang. “Dari rekaman CCTV pelakunya dua orang. Mereka (pelaku, red) kabur dengan sepeda motornya ke arah pos kota,” pungkasnya. (nor)

Related posts

Leave a Comment