oleh

Banjir Kampung Belakang PU, Sekda dan Ketua DPRD Langsung Tinjau Lokasi

PAGARALAM, MS – Ketua DPRD Jenni Shandiyah didampingi Wakil Ketua II Serta Anggota DPRD Fandri, Beserta Sekda Kota Pagar Alam Syamsul Bahri langsung mengecek sekaligus meninjau langsung lokasi Banjir serta melakukan pembersihan dilokasi RT 12 RW 04 Kampung Belakang PU, Kelurahan Pagar Alam, Kecamatan Pagar Utara, Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu (22/05/2021).

Sekda Kota Pagar Alam Syamsul Bahri Burlian saat dikonfirmasi melalui whatsapp (WA), Sabtu (22/05/2021) menjelaskan kalau banjir itu dikarenakan curah hujan cukup lama sehingga membuat luapan air di Sungai tidak tertampung lagi. Bahkan, terjadinya banjir berbagai sebab seperti adanya sumbatan, pengecilan lebar aliran air, berkurangnya resapan air dibagian hulu.

“Ya, dalam hal ini pemerintah akan memperbaiki dan menata aliran sungai, siring, drainase. Memperketat pemberian ijin kepada kegiatan-kegiatan yang berakibat mengurangi resapan air,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya akan mengajak masyarakat untuk melakukan gotong royong guna kelancaran air sungai. Seperti membersihkan sampah. “Kita juga minta masyarakat tidak membuang sampah ke aliran air sembarangan. Kita akan merevitalisasi aliran air dengan cara memperlebar dan memperdalam aliran air,” ungkapnya.

Dikatakan dia, dibagian tertentu dibuat pembagian aliran air sehingga daya tampung air yang besar dapat terbagi sehingga genangan air dapat berkurang dengan cepat.

Neti warga Demporeokan RT 06 RW 02 saat dibincangi menuturkan kejadian yang dialami sekitar pukul 02:30 WIB tengah malam. Dimana, ketinggian air yang masuk di kediamannya diperkirakan mencapai 1 meter.

“Akibatnya barang-barang serta perabotan seperti kasur tempat tidur ikut terendam karena tidak sempat lagi untuk di pindahkan ke tempat yang lebih tinggi,” ucapnya.

Sahlan warga RT 12 RW 04 mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Pagar Alam maupun juga kepada Ketua DPRD beserta Wakil Ketua II bersama Anggota DPRD dari Dapil 3 Kec Pagar Alam Utarah yang telah menyempatkan diri untuk meninjau lokasi tersebut. (len)

News Feed