You are here
Bappeda Gelar Sinkronisasi Hasil Musrenbang RKPD Kecamatan dengan Program Prioritas HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

Bappeda Gelar Sinkronisasi Hasil Musrenbang RKPD Kecamatan dengan Program Prioritas

LAHAT, MS – Dalam upaya sinkronisasi dan mewujudkan sinergitas antara hasil musyawarah perencanaan pembangunan rencana kerja pemerintah daerah (Musrenbang RKPD) tingkat kecamatan dengan program prioritas perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat, Bappeda adakan pembahasan diadakannya penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah Lahat tahun 2021.

Kegiatan itu digelar di ruang Ballroom hotel Grand Zuhri Lahat, Rabu (11/3/20).

Dengan tema pembangunan Kabupaten Lahat, Dikatakan Cik Ujang, tahun 2021 yaitu kualitas sumber daya manusia dan pelayanan publik. Maka pembangunan daerah Kabupaten Lahat diprioritaskan pada, pertama, peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kedua, percepatan penurunan kemiskinan. Ketiga, peningkatan konektivitas, infrastruktur, lingkungan hidup dan ketahanan bencana. Dan keempat peningkatan reformasi birokrasi, stabilitas keamanan dan kehidupan beragama.

“Penyusunan RKPD tahun 2021 merupakan tahun ketiga pelaksanaan RPJMD Kabupaten Lahat tahun 2019-2023, oleh karena itu, tahapan pembangunan pada tahun 2021 merupakan tahapan yang sangat menentukan dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Lahat yang berakhlak, mandiri, berkeadilan, makmur dan sejahtera serta terselenggaranya pembangunan yang berbasis pemerataan berkelanjutan,” ujarnya.

Menurut Bupati Lahat Cik Ujang, Forum Perangkat Daerah (FPD) memiliki peran dalam pencapaian indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Lahat tahun 2019 sebesar 67,62 dengan peringkat 9 (sembilan) dari 17 kabupaten/kota di provinsi Sumatera Selatan.

“Capaian IPM tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan angka ipm pada tahun 2018 sebesar 66,99,” tuturnya.

Pembentukan angka IPM Kabupaten Lahat tahun 2019 dipengaruhi oleh angka harapan hidup , harapan lama sekolah , rata-rata lama sekolah dan pengeluaran perkapita masyarakat (rupiah/orang/tahun).

“Perkembangan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lahat dalam beberapa tahun terakhir terus menunjukan kinerja yang positif hingga tahun 2018 sebesar 4,07% dan capaian indeks Kabupaten Lahat sebesar 0,306,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Lahat, pada sektor ketenagakerjaan khususnya tingkat pengangguran terbuka (TPT), pemerintah Kabupaten Lahat tahun 2019 telah berhasil mencapai angka sebesar 3,64%.

“Hasil capaian Kabupaten Lahat tersebut lebih baik dari capaian tingkat pengangguran terbuka Provinsi Sumsel sebesar 4,48% dan nasional sebesar 5,28%, ,” tutupnya.

Turut hadir Narasumber Kasubit Evaluasi Bappeda Provinsi Sumsel, Ir Elly Suryani MSi, Bupati Lahat Cik Ujang SH, Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi ST yang diwakili oleh Anggota DPRD Dedi Candera SE, Forkopimda Lahat, Sekda Lahat Januarsyah SH MM, Assisten, SKPD, Camat dan jajaran lainnya. (nur)

Related posts

Leave a Comment