oleh

Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

LAHAT, MS – Tingkatkan angka partisipasi masyarakat dalam pengawasan dan mengawal proses pelaksanaan pesta demokrasi rakyat, Bawaslu (Badan Pengawasan Pemilu) kabupaten Lahat adakan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif.

Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat Andra Januarsyah SPd MPd, dihadapan para peserta yang terdiri dari siswa/ pemilih pemula dan mahasiswa, Pramuka UKP, Perwakilan wanita, Disabilitas, dan komonitas sebanyak 75, menerangkan bahwa sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif ini perlu dan penting untuk di laksanakan karena Indonesia negara yang menganut sistem politik demokrasi yang artinya proses penentuan kepala negara, pemerintahan dan legislatif semuanya di laksanakan dengan sistem pemilihan.

Lebih lanjut Andra menerangkan sosialisasi ini dilaksanakan terkait dengan tugas dan fungsi dari Banwaslu.

Pemilu merupakan sarana kedaulatan rakyat, untuk itu sering adanya potensi pelanggaran, dan Bawaslu yang bertugas untuk mengawasi dalam penyelenggaraan pemilu dan berdasarkan tujuan pengawasan untuk menjamin tidak akan terjadinya pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu.

” Tujuan pengawasan untuk menjamin tidak adanya pelanggaran. Dan mengajak seluruh masyarakat untuk sama sama melakukan pengawasan dalam proses pemilu,” tuturnya Senin (6/9/21),bertempat di Gedung Dawah kabupaten Lahat.

Turut hadir dalam acara ini ketua Banwaslu Kabupaten Lahat selaku koordinator divisi bidang Pengawasan Andra Juarsyah SPd MPd, koordinator Divisi bidang Penindakan dan Pelanggaran Paigal Firdaus SP, koordinator divisi bidang SDM dan Organisasi Andi Joni Fansyah SPd, koordinator divisi bidang hukum,data dan Informasi Sepsata Andrian SE, koordinator divisi bidang penyelesaian sengketa Sismawati SE, Sekretaris dan Bendahara Banwaslu Kabupaten Lahat beserta jajaranya. (Nur)

News Feed