You are here
Berkat Asian Games, Sumsel Dapat Banyak Proyek Pembangunan DAERAH 

Berkat Asian Games, Sumsel Dapat Banyak Proyek Pembangunan

MUARAENIM, MS – Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin mengklaim, Palembang lebih siap menyelenggarakan Asian Games 2018, dibanding Jakarta. Meski demikian, Gubernur Sumsel dua periode ini mengatakan penyelenggaraan Asian Games bukan merupakan suatu tujuan, namun alat untuk mencapai tujuan.

Sebab, dengan pelaksanaan Asian Games, kata Alex, Sumsel banyak mendapat proyek-proyek dari pemerintah pusat.

“Proyek-proyek itu diantaranya empat ruas jalan toll yang melalui enam kabupaten dan dua kota. Satu ruas Palembang – Indralaya 24 KM sudah selesai. Dua jembatan musi baru yaitu Musi IV dan Musi VI yang InsyaAllah selesai bulan depan,” papar Alex Noerdin pada acara pelantikan penjabat Bupati Muaraenim, Kamis (21/6/2018) kemarin.

Proyek selanjutnya, tambah Alex, pembangunan fly over dan underpass, pembangunan RS tercanggih dan termoderen di Indonesia yang rencananya akan diresmikan 23 Juni 2018 besok.

“Meski terbaik dan termoderen, rumah sakit ini tetap gratis untuk rakyat,” seloro Alex yang disambut riuh tepuk tangan undangan yang hadir.

Ditambahkan Alex, proyek selanjutnya yaitu penambahan kapasitas Bandara SMB II, dari 2 juta penumpang pertahun menjadi 4 juta pertahun.

Proyek yang paling fenomenal saat ini, lanjutnya, ialah Light Rail Transit (LRT), atau kereta ringan pertama di Indonesia. dengan panjang lintasan 23,4 KM dari bandara ke Jakabaring melalui 13 stasiun.

“Proyek ini insyaAllah akan diresmikan Presiden RI pada 14 atau 15 Juli mendatang, sekaligus meresmikan venue dayung terbaik di dunia, lapangan tembak dan bowling terbaik di Asia, dan fasilitas olahraga lain yang berstandar Internasional di Jakabaring Sport City,” imbuhnya.

Dilanjutkan Alex, total dana seluruh proyek infrastruktur di Sumsel mencapai Rp 68 Triliun. Anggaran ini katanya, tidak menggunakan APBD Provinsi tapi bersumber dari APBN dan oenyertaan modal negara.

“Kalau ditambah pihak ketiga dan swasta, hampir Rp 70 triliun digelontorkan di Sumsek sejak dua tahun terakhir,” tukasnya. (azw)

Related posts

Leave a Comment