You are here
BNN Sambangi Gedung Kesenian, 72 Lurah Lakukan Tes Urine DAERAH HEADLINE 

BNN Sambangi Gedung Kesenian, 72 Lurah Lakukan Tes Urine

LUBUKLINGGAU, MS – Dari total 72 lurah di Kota Lubuklinggau, 3 orang diantaranya diketahui belum dilakukan tes urine. Padahal, tes urine untuk kalangan lurah, terakhir dilakukan pada Senin (21/11) lalu di Gedung Kesenian Kota Lubuklinggau, seusai acara Pelantikan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kota Lubuklinggau.

“2 orang masih diluar kota, sedangkan 1 orang lagi tidak bisa datang, karena keluarganya sedang mengalami musibah. Tidak ada yang berniat mangkir. Semuanya sudah menyampaikan alasannya kepada saya,” ungkap Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lubuklinggau, H.A Rahman Sani, Selasa (22/11).

Namun, ia memastikan ketiga lurah tersebut, akan menyusul untuk melakukan tes urine dengan mendatangi Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Lubuklinggau.

“Semuanya akan menyusul untuk dites urinenya. Sebab, Walikota memerintahkan, agar seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau wajib dilakukan tes,” jelasnya.

Ia menjelaskan, tes urine untuk ASN di lingkungan Pemkot Lubuklinggau, akan terus dilakukan kedepannya. Bahkan, Pemkot Lubuklinggau, diakuinya telah berulang kali melakukan tes urine dadakan kepada sejumlah ASN, termasuk bagi pejabat di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Kalau pejabat SKPD, semisal Kepala Dinas (Kadis) atau Kepala Badan (Kaban), memang belum seluruhnya dilakukan tes urine. Namun, Pak Walikota memastikan semuanya harus ikut serta dites. Untuk hasil tes sebelumnya, itu sudah dilaporan pihak BNN ke Walikota langsung. Sementara, untuk hasilnya tidak boleh dipublikasikan dan kita juga tidak mendapatkan bocoran,” ungkapnya.

Dijelaskannya, sanksi tegas akan diberikan kepada yang kedapatan positif menggunakan narkoba. Semisal, akan dicopot dari jabatan yang diembannya di instansi masing-masing. “Tapi, tetap akan kita lihat dulu. Untuk pemulihan, biasanya hanya direhabilitasi,” ungkapnya. (sen)

Related posts

Leave a Comment