You are here
BPD Padang Manis Gelar Musrenbang ADVETORIAL BENGKULU HEADLINE 

BPD Padang Manis Gelar Musrenbang

BENGKULU SELATAN, MS – Badan Permusyawaratan Desa [BPD] Desa Padang Manis Kecamatan Manna Selasa (9/2/2021) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa [MusrenbangDes]. Acara tersebut dipusatkan di kantor Desa Padang Manis.

Seperti biasanya Musrenbangdes dipimpin oleh Ketua BPD dan dihadiri seluruh anggota BPD, turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Kecamatan Manna Yuhildani, S.Sos, Babinsa Koramil Kayu Kunyit Serda M. Akbar, Sekretaris Desa Padang Manis Muldani dan seluruh tamu undangan.

Dalam sambutanya, pimpinan musyawarah Suhaimi ketua BPD Padang Manis menyampaikan, Musyawarah Desa ini merupakan amanat undang-undang yang harus dilaksanakan. Ini adalah wujud dari rencana pembangunan yang berkesinambungan sehingga dalam pelaksanaanya menjadi terarah dan terukur.

“Musrenbangdes ini merupakan tahap awal perencanaan Pembangunan yang ada di Desa, oleh sebab itu, mari kita usulkan apa saja yang kita rencanakan untuk pembangunan di Desa kita ini,” ajak Suhaimi.

Dikatakan Suhaimi, usulan Pembangunan melalui Musrenbangdes ini, rencana pembiayaannya akan di usulkan melalui APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN Pusat.

“Berdasarkan hal itu usulan tersebut sifatnya yang tidak bisa didanai oleh Dana Desa, akan tetapi kalau yang sifatnya mendesak dan terjangkau dengan Dana Desa kita usulkan melalui Dana Desa,” jelasnya.

Suhaimi juga menambahkan, semua pelaksanaan Pembangunan, baik fisik maupun non fisik berawal dari hasil musyawarah masyarakat.

“Hasil dari Musrenbangdes ini nanti, akan dibawa kemusyawarah tingkat Kecamatan, hingga tingkat Kabupaten sampai Provinsi,” tutup ketua BPD.

Sebelum pembukaan acara Penjabat Kepala Desa Padang Manis Jaelani melalui Sekretaris Desa mengatakan. Kegiatan Musrenbangdes ini merupakan kegiatan rutin Badan Permusyawaratan Desa, untuk menampung aspirasi/usulan masyarakat terkait dengan kegiatan Pembangunan Desa tahun anggaran selanjutnya.

“Pemerintah Desa dalam hal ini sifatnya hanya mempasilitasi untuk kesuksesan acara, kegiatan ini dilaksankan di tahun 2021 namun usulan ini untuk kegiatan tahun 2022,” ujar Muldani.

Acara yang dibuka oleh Sekretaris Desa tersebut, menjaring semua usulan masyarakat. Namun dalam musrembangdes kali ini ada tiga usulan yang menjadi skala prioritas, diantaranya, pembangunan jembatan gantung menuju sentra produksi, pembangunan aspal jalan lingkungan Desa, pembangunan sumur bor. Inilah yang nantinya akan dibawa Kemusrembangcam.

Sementara itu dalam kesempatan ini Yuhildani Sekretaris Kecamatan Manna, kepada awak media mengatakan semua usulan skala prioritas dari 17 Desa dan satu kelurahan di Kecamatan Manna ini, akan diusulkan ketingkat Kabupaten dan seterusnya.

Yuhildani menambahkan, setelah usulan tersebut dilakukan penyaringan ditingkat Kecamatan, kita akan mengusulkan dan melakukan pengawalan terhadap usulan-usulan Desa tersebut. Mengingat di Kabupaten Bengkulu Selatan ini ada 11 Kecamatan, sudah barang tentu ada persaingan.
“Untuk itu perlu adanya pemantauan ataupun pengawalan terhadap usulan Desa-Desa di Kecamatan Manna ini. Semoga saja dengan kita berusaha ada usulan dari Kecamatan kita ini yang terialisasi,” jelasnya. (bajul/adv)