You are here
BPKP Siap Awasi Pembangunan Infrastruktur Asian Games XVIII POLITIK & PEMERINTAHAN 

BPKP Siap Awasi Pembangunan Infrastruktur Asian Games XVIII

PALEMBANG, MS – Asian Games XVIII yang akan diselengggarakan di Jakarta dan Palembang membuat pemerintah mempersiapkan diri. Pemerintah provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan yang menjadi tuan rumah ke-2 Asian Games telah bersiap diri untuk mensukseskan olahraga bergengsi se-Asia tersebut. Beberapa infrastruktur penunjang Asian Games tengah dibangun seperti Light Rail Transit (LRT) dan Venue Olahraga di Jakabaring Sport City (JSC).

Untuk mensukseskan Asian Games XVII, pemerintah pusat telah membuat Satgas infrastruktur yang bertujuan untuk mengawasi dan mengaudit program-program pembangunan infrastruktur pendukung Asian Games. Salah satu lembaga yang menajdi bagian dari Satgas Infrastruktur Asian games adalah Badan Pemeriksa Keuangan Dan Pembangunan (BPKP). BPKP bertugas sebagai pengawalan akuntabilitas Asian Games.

Dalam rangka mensukseskan Asian Games XVIII, Pemprov Sumsel menggelar Rapat Persiapan yang diadakan di Kantor BPKP Perwakilan Prov. Sumsel, Jln. Bank Raya Kota Palembang. Djoko Prihardono selaku Direktur Pengawasan Fiskal dan Investasi Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian BPKP dalam rapat tersebut mengatakan Kedatangan BPKP RI ke Palembang untuk ingin mengetahui progress Asian Games di Provinsi Sumsel. “Kesuksesan Asian Games bukan hanya sukses prestasi melainkan juga sukses dari segi administrasi, ekonomi dan pembangunan,” jelasnya.

Selain itu, Basyaruddin Akhmad selaku Kepala Bidang Pengendalian Pembangunan Dinas PU Cipta Karya Provinsi Sumsel dan sekaligus Ketua Bidang Venue Asian Games XVIII mengatakan, Pemprov Sumsel akan membangun sebanyak 14 venue olahraga, 6 tower atlet village yang memiliki sebanyak 2000 kamar untuk memenuhi fasilitas Asian Games XVIII.

Terkait dengan semua pembangunan tersebut, beliau menjelaskan semua pembangunan Venue tersebut harus mendapatkan persetujuan dari Presiden agar tidak melanggar Inpres. BPKP RI dan BPKP Perwakilan Provinsi Sumsel akan melakukan pengawasan terhadap administrasi pembangunan Venue di JSC agar tidak terjadi pelanggaran dan penyimpangan.

Koordinasi antar lembaga diperlukan untuk menjalin komunikasi dalam mensukseskan Asian Games berjalan dengan baik. Iman Achmad Nugroho, Ketua BPKP Perwakilan Provinsi Sumsel mengatakan, diperlukan koordinasi antar lembaga dan  kementrian agar Asian Games yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang berjalan dengan baik. “BPKP Perwakilan Provinsi Sumsel siap untuk mengawal, mengawasi dan mengaudit pembanguan infrastruktur penunjang Asian Games di Palembang,” pungkasnya. (za)

Related posts

Leave a Comment