oleh

BPN Targetkan 20 Ribu Sertifikat di Wilayah Kecamatan Pagar Gunung

LAHAT, MS – Kepala BPN Lahat Ir Romanus Noor Widarto menyampaikan, pemerintah memiliki program strategis nasional yaitu pendaftaran tanah sistematik lengkap (PTSL) berbasis partisipasi masyarakat (PM) dengan mendaftarkan seluruh bidang tanah.

“PTSL – PM merupakan program kerja kementerian agraria dan tata ruang Badan pertanahan Nasional yang bertujuan mempercepat pendaftaran tanah di seluruh wilayah Indonesia,” katanya, pada sosialisasi PTSL- PM, oproom Pemkab Lahat, Selasa (2/2/21).

Lebih lanjut Romanus menjelaskan pada tahun 2021 ini, PTSL-PM di kabupaten Lahat direncanakan di wilayah Kecamatan Pagar Gunung kabupaten Lahat dengan jumlah 20.000 bidang untuk 20 desa yang menjadi targetnya.

“Tahun ini akan dilaksanakan di Kecamatan Pagar gunung dengan target 20.000 sertifikat, walaupun nantinya untuk sertifikat tidak terpenuhi target namun semua bidang tanah terdata,” tuturnya.

Dengan adanya program PTSL – PM diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi demi terwujudnya program ini.

“Kami meminta partisipasi masyarakat, Kepala Desa dan Camat agar target waktu dan jumlah bidang dapat terwujud, sehingga bidang tanah yang ada di wilayah Kecamatan Pagar Gunung terdaftar di BPN,” tuturnya lagi.

Bupati Lahat Cik Ujang melalui Asisten 1 bagian Pemerintahan Rudi Thamrin mengatakan, dengan adanya program PTSL-PM Kades dan Camat dapat mengetahui bidang tanah yang ada di wilayah masing-masing.

PTSL-PM berguna sebagai pemetaan yang mana dapat meminimalisir sengketa tanah karena sudah dipetakan.

“Atas nama Pemerintah kami mengimbau Camat, Kades dan masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam program PTSL-PM ini,” tutupnya. (nur)

News Feed