oleh

Budayakan Hidup Sehat, Stop Mising Sembarangan

PALI, MS – Tim Penggerak PKK dan Dinas Kesehatan, kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), mengajak seluruh masyarakat agar membudayakan hidup sehat, dengan meluncurkan program yakni Stop Mising Sembarangan, kegiatan ini berkaitan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN), Sabtu (19/11).

Kadinkes dr Eni Zatillah Mkm, mengungkapkan bahwa kegiatan ini hanya membudayakan masyarakat hidup sehat, dengan buang air besar pada tempatnya, dan program ini langsung dari Kementrian Kesehatan, agar menjaga kesehatan, serta membuang sampah pada tempatnya.

“Pihak bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK, untuk menjalankan program ini ke desa-desa, kelurahan, maupun kecamatan, serta memasang stiker SMS di setiap sudut rumah, akan tetapi program ini bertahap, dan memasang jamban ke setiap rumah yang belum memiliki jamban di rumahnya, ” ucapnya. Minggu (20/11).

Terpisah diungkapkan Ketua Tim Penggerak PKK, Hj Sri Kustina Amalindo, kegiatan ini louncing bekerja sama dengan dinas kesehatan, sebagai leading sektor, sebab program kerja dijalankan dengan baik, masyarakat bisa membuang air besar pada tempatnya, tanpa membuang air di pinggiran sungai.

“Saya sebagai ibu PKK siap mendukung program kerja pemerintahan, mengenai menjaga pola sehat, bukan hanya menjalankan SMS saja, akan tetapi bagaimana menjaga lingkungan dengan baik, dan sampah yang tidak terpakai, akan diolah dan dijadikan yang bermanfaat,  ” tuturnya.

Sementara itu Setda Kabupaten PALI, Robby Kurniawan SStp MSi, mendukung setiap program kerja yang dijalankan tim penggerak PKK, sebab biasanya ibu-ibu lebih kreatif dan inovatif, untuk membudayakan hidup pola sehat, dengan pemasangan jamban di setiap rumah, serta pemasangan stiker bisa menghimbau masyarakat, agar lebih sehat lagi pada lingkungannya sendiri.
“Sekarang ini program SMS bukan lagi hanya di PALI namun seluruh Kabupaten/kota yang ada di Sumatera Selatan menggunakan program ini.Tidak buang hajat sembarangan dengan memiliki jamban bersih dan sehat adalah sangat penting untuk mengangkat derajat kesehatan manusia,melalui program SMS ini mengajak dan membantu masyarakat memiliki jamban serta kloset yang layak,” tutupnya. (yeng)

News Feed