You are here
Bupati Bekarang Bersama Masyarakat Desa Lubuk Mabar DAERAH HEADLINE 

Bupati Bekarang Bersama Masyarakat Desa Lubuk Mabar

LAHAT, MS – Masyarakat Desa Lubuk Mabar, Kecamatan Pseksu antusias menyambut kedatangan Bupati Lahat ke Ujang SH bersama Sekda Lahat Januarsyah SH MM dan kepala OPD menghadiri acara Karang mencari bersama masyarakat di aliran sungai Desa Lubuk Mabar, Rabu (29/7/20).

Bupati Lahat Cik Ujang SH beserta Sekda Januarsa SH MM juga ikut meramaikan aksi bekarang bersama warga setempat. Keduanya menikmati asik-aksi berkarang dengan menyebur di sungai untuk menangkap ikan dengan menggunakan jala bersama warga.

“Kegiatan bekarang ini tradisi sejak nenek moyang yang kita dahulu karena harus kita jaga agar menjaga ekosistem di sungai,” ujar Bupati saat membuka kegiatan berkarang.

Menuurt dia, sekarang juga tradisi mengajak masyarakat menangkap ikan dengan cara yang benar sehingga tidak merusak habitat ikan di perairan tradisi yang juga berperan melestarikan habitat sungai dengan menangkap ikan secara tradisional tanpa bahan kimia atau peledak.

“Kegiatan bekarang ini contoh bagaimana dari dulu nenek moyang kita sudah menjaga alam,” ujarnya.

Sementara itu juga sebelum menutup sambutan Bupati Cik ujang mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian habitat ikan di sungai. “Apabila ada oknum yang menangkap ikan di sungai dengan menggunakan putas atau setrum listrik agar kiranya dapat melaporkan kepada aparat kepolisian setempat agar melaporkan ke bupati akan mendapatkan hadiah tiga juta namun pelapor juga siap untuk menjadi saksi,” tegas Cik Ujang. (nur)

Related posts

Leave a Comment