oleh

Bupati OKUT didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan buka Gebyar Sekolah Penggerak

OKUTIMUR, MS – Guna mewujudkan visi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia Maju, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wakimin, S.Pd., M.M membuka kegiatan Gebyar Sekolah Penggerak Kabupaten OKU Timur Tahun 2023.

Kegiatan Gebyar Sekolah Penggerak ini digelar di Lapangan Sepak Bola Desa Jatimulyo Kecamatan Belitang Madang Raya, Kabupaten OKU Timur dengan mungusung tema “Transformasi Pendidikan Melalui Merdeka Belajar Untuk OKU Timur Maju Lebih Mulia”, Selasa (26/9/2023).

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Sumatra Selatan Dra. Ohorella Erma, M.I.Kom., Kepala Balai Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sumatra Selatan Aria Ahmad Mangun Wibawa, S.Psi., M.Si., Kepala BKPSDM Kabupaten OKU Timur Sutikman, S.Pd., M.M., Unsur Forkopimcam dan tamu undangan lainnya.

Menurut Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin M.T mengatakan, bahwa dirinya sangat memperhatikan atas kemajuan dunia pendidikan di wilayah Bumi Sebiduk Sehaluan. Hal ini terbukti setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh Disdikbud, dirinya mengusahakan untuk menghadiri secara langsung.

Anak-anak di sekolah merupakan aset yang tidak bisa dinilai dengan materi saja, untuk itu dirinya berpesan agar siswa/i harus dapat mengikuti pelajaran merdekanya.

“Merdeka disini bukan merdeka yang barbar, namun saya yakini merdeka disini adalah bebas untuk menentukan apa yang akan dilaksanakan sesuai dengan kurikulumnya, dan kualitas tersebut sudah kita lihat bersama atas penampilan dari anak-anak kita tadi,” tuturnya.

Meskipun berada jauh dari Kota Palembang dan terbatasnya anggaran, kata Bupati, dirinya tetap menginginkan anak-anak tidak boleh tertinggal dalam dunia digital.

“Sekolah digital di OKU Timur baru berjalan di 1 sekolah dan nanti ada lagi di daerah Belitang, mohon diusulkan kepada Bapak Menteri agar program dapat dirasakan oleh sekolah-sekolah lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, kepada semua para guru untuk tetap bersemangat dalam mendidik siswa-siswinya. “Sebagai penggerak harus tetap bersemangat, semoga menghasilkan para pelajar yang berkualitas untuk menuju OKU Timur Maju Lebih Mulia,” imbuhnya.

Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Sumatra Selatan Dra. Ohorella Erma, M.I.Kom dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini. “Saya berharap dari angkatan 1, 2 dan 3 Program Sekolah Penggerak, dapat menjadi role mode yang baik bagi sekolah disekitarnya,” katanya.

Pada kesempatan ini juga, Kepala Balai Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sumatra Selatan Aria Ahmad Mangun Wibawa, S.Psi., M.Si meyakini bahwa dibawah kepemimpinan Bupati Enos, kualitas pendidikan dari OKU Timur akan terus meningkat.

“Kami berharap ini terus dipertahankan hingga apa yang kita dicita-citakan untuk menghadirkan kualitas pendidikan yang lebih baik lagi di Indonesia khususnya Kabupaten OKU Timur dapat kita lakukan terus menerus,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wakimin, S.Pd., M.M menjelaskan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memasyarakatkan program sekolah penggerak di Kabupaten OKU Timur.

“Program sekolah penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian melalui terciptanya pelajar pancasila,” jelasnya.

Untuk diketahui, Kabupaten OKU Timur hingga saat ini memiliki 63 Sekolah Penggerak dengan rincian 12 Paud, 33 Sekolah Dasar, 11 SMP dan 7 SMA.

Dalam kegiatan ini juga Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin M.T memberikan penghargaan kepada Kepala Sekolah Penggerak dan memberikan peralatan olahraga kepada 20 sekolah serta membagikan 4.000 Al-Qur’an kepada 23 sekolah. (Boy)

News Feed