oleh

Bupati OKUT Kukuhkan 3.175 Anggota Satlinmas

OKUTIMUR, MS – Guna mewujudkan keamanan, ketertiban dan perlindungan masyarakat serta dalam rangka menghadapi geopolitik pada tahun 2024 di Bumi Sebiduk Sehaluan.

Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. mengukuhkan 3.173 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kabupaten OKU Timur, Rabu, (27/12/2023).

Pengukuhan tersebut berlangsung di Balai Rakyat Setda OKU Timur, kegiatan ini terlaksana berdasarkan Surat Keputusan Bupati OKU Timur Nomor 384 Tahun 2023.

Tampak hadir dalam pengukuhan tersebut, Ketua DPRD OKU Timur H. Beni Defitson, S.IP., M.M., Kapolres OKU Timur AKBP. Dwi Agung Setiyono, S.I.K., M.H., Forkopimda plus, Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten OKU Timur.

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin M.T mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Satlinmas Kabupaten OKU Timur. Dirinya mengaku bangga atas pengukuhan ini, dan meyakini bahwa 1 TPS satu Satlinmas dapat terpenuhi.

“Saya bangga atas dilantiknya Satlinmas Kabupaten OKU Timur, dengan dilantiknya Satlinmas, satu TPS satu Satlinmas dapat terpenuhi,” ucapnya.

Bupati mengatakan bahwa tugas pokok dan fungsi keamanan, perlindungan, ketertiban untuk masyarakat itu adalah tupoksi TNI dan Polri, maka dari itu sebagai Satlinmas, Bupati menekankan agar dapat bersinergi dengan anggota TNI dan Polri.

“Sebelum perhelatan Pemilu di Februari, para anggota Satlinmas dapat dibekali dasar-dasar dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat,” tegasnya.

Dalam menghadapi geopolitik, tentu Bupati menginginkan Satlinmas memiliki bekal yang cukup agar pada saat Pemilu mereka telah siap. Untuk itu, dirinya menginstruksikan kepada Sekda agar dilaksanakan pembekalan melalui pelatihan kepada Satlinmas.

“Saya berharap, dalam menghadapi geopolitik tahun 2024 ini semua dapat terlaksana dengan baik dan aman,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Satuan Pol PP Kabupaten OKU Timur Drs. Vikron, M.M. dalam laporannya menyampaikan bahwa seluruh anggota Satlinmas se-Kabupaten OKU Timur telah diberikan seragam terbaru sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 11 Tahun 2023.

“Dengan seragam Satlinmas terbaru dapat merubah pandangan yang kurang baik, karena Satlinmas sekarang adalah Satlinmas masa kini dan milenial,” ujarnya.

Vikron juga menambahkan, bahwa pada tanggal 11 Desember 2023, Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Satuan Pol PP mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

“Bantuan tersebut berupa 16 unit megaphone (alat pengeras suara) untuk satgas linmas,” pungkasnya. (Boy)

News Feed