You are here
Bupati Pimpin Upacara Hardiknas DAERAH HEADLINE 

Bupati Pimpin Upacara Hardiknas

MUARAENIM, MS – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar upacara bendera, bertempat di Lapangan Merdeka Muara Enim, Kamis (02/05/2019).

Bupati Muara Enim, Ir. H. Ahmad Yani, MM bertindak sebagai inspektur upacara, diikuti peserta upacara yang berasal dari pelajar Tingkat SD-SMP-SMA Kabupaten Muara Enim.

Dalam amanatnya, Bupati Muara Enim saat membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI bahwa bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahap puncak perhelatan Pemilihan Umum serentak, tanggal 17 April 2019 lalu.

Kini prosesnya masih berlanjut menuju penentuan akhir tanggal 22 Mei 2019 dilihat dari dari sudut pandang pendidikan, di dalam Pemilihan Umum harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara.

“Proses belajar pada hakikatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju ke kedewasaan. Dalam hal ini, semakin dewasa dalam berdemokrasi,” ucapnya.

Sebagaimana telah disampaikan oleh Presiden dalam banyak kesempatan, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia. Di sini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya.

Terkait dengan itulah, tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.” Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan, guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

“Kita juga tidak dapat menutup mata terhadap berbagai keterbatasan yang masih ada dalam proses pembangunan pendidikan dan kebudayaan di tanah air. Kita masih dihadapkan pada kompleksitas masalah guru dan tenaga kependidikan.” Ungkapnya.

Masih juga sering menjumpai kasus-kasus yang tidak mencerminkan kemajuan pendidikan, betapapun pemerintah senantiasa responsif dalam memecahkan masalah-masalah tersebut selaras dengan paradigma pendidikan.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Mulia, Maha Pemberi Anugerah, selalu meridhai ikhtiar kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita tercinta,”pungkasnya.

Pada kesempatan ini Bupati didampingi Wakil Bupati Muara Enim, H. Juarsah, SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim, Ir. H. Hasanudin, Msi melauncing Aplikasi PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Kabupaten Muara Enim Tahun Ajaran 2019-2020 untuk Penerimaan Peserta Didik Baru Online Tingkat SD dan SMP Kabupaten Muara Enim.

Tujuan dari Aplikasi PPDB yang di pelopori oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Muara Enim ialah untuk mempermudah para orang tua/ wali murid untuk mendaftarkan anak nya ke sekolah favorit yang ada di Kabupaten Muara Enim, dengan berbasis digital, semua orang bisa mengakses dengan handphone adnroid masing-masing, tentunya untuk pendaftaran harus sesuai jadwal yang di tetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Muara Enim.

Selain untuk kemudahan dalam pendaftaran peserta didik baru, Aplikasi ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas dan transparan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim. (al/red)

Related posts

Leave a Comment