You are here
Bus ALS Hantam Dum Truk, 3 Orang Tewas HEADLINE KRIMINAL 

Bus ALS Hantam Dum Truk, 3 Orang Tewas

MUSIRAWAS, MS – Kecelakaan maut terjadi di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), tepatnya di perbatasan Kabupaten Musirawas dan Musirawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan, tepatnya di Kelurahan Selangit, Rabu (14/12/2016).

Kejadian tersebut, disebabkan sebuah bus Antar Lintas Sumatra (ALS) yang melaju dengan kecepatan tinggi, menghantam mobil dum truk yang sedang terparkir di pinggir jalan.

Akibatnya, satu kenek dan dua orang penumpang bus meninggal dunia, sementara lima orang luka-luka, dan beruntung 22 orang penumpang lainnya bisa selamat dalam insiden maut tersebut.

Ketiga korban yang meninggal, yakni Nurhayati (55), warga Aika Nopan, Kota Semarang, lalu Akin Nurjahman (30), warga Waleri yang juga berasal dari Kota Semarang dan satu orang kenek bus bernama Padel (22), warga Mandailing Natal, Provinsi Sumatra Utara (Sumut).

Peristiwa nahas tersebut, terjadi sekitar pukul 02.30 WIB. Saat itu, mobil dum truk dengan Nomor Polisi (Nopol) BD 8038 BL yang mengangkut buah sawit dari arah Kikim Lahat, hendak menuju Pabrik PT KIS Lake Raya, Kecamatan STL Trawas.

Sesampainya di Kelurahan Selangit, tiba-tiba mobil dum truk mengalami pecah ban. Lalu, sopir dum truk memarkir mobil ke pinggir jalan dengan tujuan hendak mengganti ban yang pecah.

Tak berapa lama, datang mobil ALS dengan Nopol BK 7857 DF yang dikemudikan oleh Bakar yang memuat 30 orang penumpang dari Kota Semarang tujuan Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara (Sumut) melintas dengan kecepatan tinggi dan langsung menghantam belakang mobil dum truk yang terparkir.

Usai menghantam mobil dum truk, Bus ALS pun oleng, sebelum akhirnya kembali menghantam tiang listrik kemudian terhenti, Akibatnya, bagian depan mobil ringsek dan hancur. Dua orang dan satu kenek yang duduk di bagian depan tewas seketika, sementara mobil dum truk yang tertabrak hanya rusak di bagian belakang mobil.

“Awalnya ada truk berhenti, saya intip dari jendela, tak berapa lama ketika saya mau tidur terdengar dentuman. Saya keluar dan melihat penumpang ALS berhamburan keluar, sementara buah sawit juga berhamburan di tengah jalan,” ungkap Harpika, warga setempat yang melihat kejadian.

Sementara itu, Kapolres Musirawas, AKBP Hari Brata melalui Kasat Lantas Polres Musirawas, AKP Budi Prasetya menjelaskan, pihaknya mendapat informasi sekira pukul 05.30 WIB.

“Saat petugas tiba, beberapa korban sudah dievakuasi. Sebagian korban sudah ada dibawa ke Puskesmas terdekat dan korban yang meninggal dunia langsung di bawa ke RSUD Sobirin, Kota Lubuklinggau untuk ditangani. Dugaan sementara, kecelakaan disebabkan karena sopir mobil Bus ALS mengantuk, ditambah lokasi tempat kejadian cukup gelap. Saat ini, sopir mobil Bus ALS sudah diamankan dan masih dimintai keterangan,” ungkapnya. (Dhiae)

Related posts

Leave a Comment