oleh

Cegah Karhutla, Polres Bagi-bagi Brosur

MUSI RAWAS, MS – Langkah antisipasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) diwilayah Kabupaten Mura dan Muratara terus dilakukan lewat imbauan, penyuluhan maupun pembagian brosur. Salah satunya dilakukan pihak Polres Mura melalui Bhabinkamtibmasnya di tingkat Desa.

Mereka bergerak secara masif sekaligus memberikan imbauan kepada masyarakat khususnya petani agar bersama-sama mencegah karhutla. Kamis (13/7/2017) Bhabinkamtibmas Polsek Tugumulyo membagikan brosur kepada petani di areal persawahan Desa C Nawangsasi, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Mura. Sementara Polsek Beliti membagikan brosur kepada petani yang melintas di jembatan gantung.

“Mereka memberikan penyuluhan kepada petani dengan memberikan brosur larangan pembakaran hutan dan lahan,” kata Kapolres Mura, AKBP Pambudi melalui Kapolsek Tugumulyo, AKP Dedi PJ.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas mengingatkan petani agar tidak membakar lahan maupun sisa hasil panen padi (jerami). Sebab hal itu dapat berpotensi menyebabkan kebakaran yang besar.

“Upaya preventif dalam penanganan karthutla ini dilakukan intens, setiap kali berinteraksi dengan petani di pedesaan,” bebernya.

Bhabinkamtibmas juga, sambung dia, senantiasa mengingatkan agar meninggalkan budaya lama yakni membakar untuk membuka lahan baru. Ataupun membersihkan hasil panen dengan cara dibakar.

“Sampai saat ini upaya intensif yang dilakukan jajaran cukup berhasil, hal ini dapat dilihat dengan minimnya titik api (hospot) melalui aplikasi pemantauan satelit,” pungkasnya. (dhiae)

News Feed