oleh

Ciptakan PNS Profesional dan Berkompeten, BKPSDM Lahat Adakan Sosialisasi

LAHAT, MS – Ciptakan PNS berkompetensi Pemerintah kabupaten Lahat melalui BKPSDM adakan sosialisasi analis kebutuhan pengembangan kompetensi aparatur di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat, bertempat di hotel Buser Lahat, Kamis (11 /7/24 ).

Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid SSTP Msi diwakili Asisten lll Bidang Administrasi Umum, Drs Margono mengatakan dalam upaya menciptakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berintegritas, kompeten dan profesional dibutuhkan suatu analisis yang mendorong pengembangan kompetensi terpadu.

“Untuk mendapatkan input data yang komprehensif diperlukan pelatihan untuk setiap organisasi perangkat daerah (OPD),” tuturnya.

Kompetensi aparatur merupakan pondasi awal, dimana PNS dituntut untuk mengetahui perencanaan didalam pelaksanaan kerja dari OPD masing masing.

“Karena pada OPD memiliki perbedaan dalam pemenuhan kebutuhan organisasi masing-masing didasarkan oleh skala prioritas,” terangnya.

sosialisasi ini tentu saja sangat penting bagi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat, agar mereka mampu mengimplementasikan secara baik dan benar dan juga mampu menyesuaikan serta meningkatkan keahlian.

“Sesuai Undang-undang (UU) No 20/2023 tentang Aparatur Sipil Negara, dan peraturan Pemerintah No.17/2020 perihal manajemen PNS, dengan adanya standar kompetensi jabatan dan rencana pengembangan karier PNS, yang mana mereka wajib mengikuti pengembangan kompetensi minimal 20 JP dalam setahun,” tutupnya.

Kepala BKPSDM kabupaten Lahat Aries Farhan menyampaikan , adanya sosialisasi ini tentu saja akan mempermudah mengidentifikasi penyusunan analisis kebutuhan pengembangan kompetensi aparatur.

Sosialisasi ini juga memberikan komprehensif terhadap pelaksanaannya yang didasari oleh peraturan Lembaga Administrasi Negara (LAN) No. 10/2018 mengenai pengembangan kompetensi PNS.
” pada akhirnya sosialisasi ini akan bermuara pada setiap OPD didalam mencapai tujuan, sasaran serta meningkatkan prestasi kerja aparatur,” tutupnya.

Sosialisasi menghadirkan narasumber dari LAN RI, yang mana memberikan arahan mengenai Analisis Pengembangan Kompetensi ASN

News Feed