oleh

Ciptakan Situasi Aman dan Nyaman Selama Nataru, Polres OKUT Dirikan 4 Pos Pelayanan

OKUTIMUR, MS – Ciptakan situasi yang nyaman dan aman jelang hari natal dan tahun baru (Nataru), Polres OKU Timur Polda Sumsel apel gelar Pasukan Ops Lilin Musi Tahun 2023.

Apel pasukan ini dipimpin langsung oleh Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK,MH bertempat di Lapangan Apel Satya Haprabu Polres OKU Timur, pada Kamis (21/12/2023).

Dalam apel ini diikuti Kesatuan Upacara yang terdiri dari Pelton Perwira Polres, Pelton TNI, Pelton Sat Samapta, Pelton Gab Staf, Pelton Gab Polsek jajaran, Pelton gab Res Intel dan Resnarkoba, Pelton Brig Lantas, Pelton Sat Pol PP, Pelton Dishub, Pelton Dinkes, Pelton Basarnas dan Pelton Senkom.

Apel ini turut dhadiri oleh Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin M.T, Dandim OKU Diwakili Danramil 03, Kajari OKU Timur, Ketua DPRD OKU Timur diwakili, Ketua Pengadilan Negeri Baturaja diwakili, Kalapas Martapura, Kadinkes OKU Timur, Kadishub OKU Timur, Kepala BPBD OKU Timur, Kepala Basarnas OKU Timur, Kasat Pol PP Kab.OKU Timur, Kacab PT Jasa Raharja Baturaja Diwakili dan Ka Senkom OKU Timur serta Para Pju Polres OKU Timur.

Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH saat membacakan amanat Kapolri mengatakan, Apel Gelar Pasukan Ops LilinMusi Tahun 2023 merupakan Oprasi Terpusat yang diselenggarakan secara serentak diseluruh Jajaran Polri Dengan Sandi “Ops Lilin -2023”

“Apel ini digelar dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024, wujud sinergi Polri dengan Instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan Sehat dalam perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024,” katanya.

Dikatakan, Operasi Lilin Musi -2023 ini akan diselenggarakan/dilaksanakan selama 12 hari, yang dimulai pada Tanggal 22 Desember 2023 sampai tanggal 2 Januari 2024.

“Fokus Pengamanan adalah Gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan bandara,” ujarnya.

Pada ops Lilin 2023 ini, lanjut Kapolres, dengan total pengamanan personel gabungan sebanyak 129.923 personel yang ditempatkan pada 1.668 Pos Pengamanan , 670 Pos Pelayanan dan 113 Pos Terpadu di seluruh Indonesia, guna mengamankan 49.676 Objek Pengamanan.

“Saya minta persiapan seluruh sektor dan stakeholder dalam mengantisipasi gangguan dan masalah saat Natal dan Tahun Baru ini betul betul disiapkan
Guna mendukung berbagai upaya pengamanan pada ops lilin Musi 2023,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Kapolres, perkuat juga Strategi komunikasi publik melalui berbagai saluran komunikasi, yang ada, sosialisasikan setiap kebijakan rekayasa lalulintas maupun perubahan arus secara masif dan pastikan setiap Informasi tersampaikan dengan baik.

“Hal itu bertujuan agar masyarakat betul-betul terbantu dengan informasi yang diberikan dan mendukung kelancaran operasi,” tegasnya.

Sebelum me ngakhiri Apel Gelar pasukan ini ada beberap penekanan yang harus dipedomi guna mendukung keberhasilan ops Lilin Musi 2023, diantaranya yakni,

Jaga stamina dan kesehatan mental serta fisik selama Berjalannya operasi niatkan lakgas sebagai ibadah. Lakukan deteksi dini. Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berukan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Gelar kekuatan Polri pada pos-pos pengamanan dan pelayanan. Lakukan kordinasi dan kerjasama dengan stakeholder lainnya. Dorong para pengelola tempat wisata pusat pembelanjaan untuk menerapkan aplikasi peduli lindungi.

Satgas pangan harus mainkan peran untuk selalu menjaga ketersedian bahan-bahan pokok dan pengendalian harga. Mantapkan kerjasama sinergi dan soliditas terhadap para pihak yang terlibat, serta satukan tujan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

“Dalam pengamanan ops lilin musi 2023 ini, Polres OKU Timur mendirikan sebanyak 4 pos diantaranya, Pos Pelayanan di Pasar Martapura. Pos Pengamanan gumawang Belitang. Pos pantau Perbatasan Sumsel Lampung dan Pos pantau Minang Baru,” ucapnya.

Sedangkan untuk personel Polres OKU Timur yang terlibat dalam Ops Lilin Musi 2023 ini sebanyak 91 Personel.

“Saya ucapkan Selamat hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa menyelimuti setiap relung hati kita sehingga melahirkan semangat serta harapan baru demi mewujudkan Indonesiaa Emas 2045 yang kita cita-citakan bersama,” pungkasnya. (Boy)

News Feed