You are here
Desa Jud I akan Panen Raya Padi, Masih Butuh Bantuan Pemerintah DAERAH HEADLINE 

Desa Jud I akan Panen Raya Padi, Masih Butuh Bantuan Pemerintah

Foto Halaman 3 - C1MUSI BANYUASIN, MS – Desa Jud I, Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Musi Banyuasin direncanakan pada 27 Februari 2020 nanti akan panen raya gabah. Hal ini diungkapkan Ketua Kelompok Tani Suka Makmur, Ramdhon, Sabtu (22/02/2020).

“In sya Allah, 27 Februari nanti aka nada panen raya gabah di Desa Jud I,” ungkap Ramdhon.

Ia menjelaskan, sekitar 150 hektare sawah yang akan dipanen. “Perkiraan panen 6 sampai 8 ton gabah per hektare,” ujarnya.

Untuk padi sendiri, dikatakan Ramdhon, jenis ciherang yang ditanam. “Ya, untuk harga jual beras sendiri bisa mencapai Rp9 ribu/kilo. Kalau kualitas beras yang bagus itu bisa mencapai mencapai Rp10 ribu/kilogram,” jelasnya.

Sebenarnya, menurut dia, masyarakat Desa Jud I telah banyak meninggalkan bercocok tanam padi. “Saya berusaha membangkit semangat masyarakat Jud untuk kembali menanam padi lagi. Saya mulai menanam padi sejak 2017, persawahan yang mati suri selama ini Alhamdulillah hidup kembali,” pungkas Ramdhon.

Memang, dirinya melakukan hal ini bertujuan agar Desa Jud akan maju dan masyarakatnya sejarahtera. “Walaupun terpelosok dengan ekonomi kuat mungkin orang Jud yg dirantau ingin pulang ke dusun Jud lagi,” harapnya.

Diujung percakapan, ia juga mengharapkan agar pemerintah khususnya Kabupetan Musi Banyuasin untuk dapat memberikan bantuan kepada petani yang ada di Desa Jud I ini. ‘’Harapan kedepan agar Pemkab Muba ataupun anggota Dewan dapat membantu sarana dan prasarana serta Alsintan. Ya, kalau bisa dibantu modal agar bisa lebih mengembangkan lagi usaha bercocok tanam padi ini,” pintanya. (nor)

Related posts

Leave a Comment