You are here
Desa Tanjung Besar Gelar Pengecekan Golongan Darah BENGKULU HEADLINE 

Desa Tanjung Besar Gelar Pengecekan Golongan Darah

BM 4

BENGKULU SELATAN, MS – Desa Tanjung Besar, Kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan menggelar pengecekan golongan darah. Salah satu program pemberdayaan itu digelar di Balai Desa Tanjung Besar, Senin (24/6/2019).

BM 1Kepala Desa (Kades) Tanjung Besar, Jasrul Ramdhan dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengecekan golongan darah bertujuan untuk membuat data base di pemerintahan desa.

“Pengecekan golongan darah ini kita peruntukan untuk semua warga desa, baik itu anak-anak, orang dewasa sampai yang lanjut usai dan ini gratis. Karena sudah kita anggarkan melalui Dana Desa,” tegas Jasrul.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pengecekan golongan darah ini, banyak kegunaanya mulai dari anak mau masuk sekolah sampai bila ingin menunaikan ibadah haji. “Golongan darah ini tetap dibutuhkan,” pungkasnya.

Kades juga berharap agar seluruh warga Desa Tanjung Besar, mau datang kebalai desa guna melakukan pengecekan golongan darah.

“Bila semua warga sudah diketahui golongan darahnya, hal ini akan memudahkan kita jikalau ada masyarakat Desa Tanjung Besar yang membutuhkan donor darah karena semua golongan darah sudah di data oleh pemerintah Desa. Sehingga kita tidak repot lagi menanyakan si A ataupun si B darahnya apa,” imbuh kades.

BM 2Dalam kesempatan ini juga kades menyampaikan, selain pengecekan golongan darah pemerintah desa Tanjung Besar juga memberikan beasiswa bagi murid yang berprestasi mulai dari SD, SMP, sampai dengan SLTA. “Beasiswa itu sudah pemerintah desa laksanakan selama tiga tahun,” tutup kades.

Sementara itu Camat Kecamatan Manna, yang diwakili Kasi PMD, Jarmin Effendi, SIp menuturkan, program ini akan sangat membantu. Contonya saja, bila ada keluarga ada yang masuk rumah sakit dan membutuhkan darah tidak perlu meminta bantuan ke desa tetangga, cukup menanyakan ke pemerintah desa karena seluruh warga desa sudah terdata golongan darahnya. “Pada intinya, kami pihak kecamatan sangat mendukung program desa yang sifatnya bermanfaat untuk masyarakat banyak,” ujar Jarmin.

Sementara menurut Agetusran Nurhakim Amd. Ak pengecekan golongan darah ini bekerjasama dengan Klinik Pratama Laboratorium Sinta. Dan untuk masalah waktu sendiri dari pihak labor tidak akan membatasi bagi warga yang sudah mendaftar ke pemerintah desa tetap akan dilayani. “Karena kami selaku lembaga yang bergerak dibidang kesehatan sangat mendukung dengan adanya program pemerintah yang telah menggulirkan Dana Desa. Sehingga pemerintah pusat dan daerah melalui perpanjangan tangannya yaitu pemerintah desa bisa berbuat banyak untuk mensejahterahkan seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Age. (bajul/adv)

 

Related posts

Leave a Comment