oleh

Dinas Ketahanan Pangan Akan Pantau Penyaluran Beras Lokal Melalui Usaha Penggilingan Padi

LAHAT, MS – Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Ketahanan Pangan akan melakukan pemantauan penyaluran Beras Lokal di kabupaten Lahat melalui usaha penggilingan padi yang ada di beberapa kecamatan.

Langkah yang diambil guna untuk Stabilisasi Pasokan sekaligus salah satu langkah konkrit yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lahat dalam menekan inflasi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lahat Ibni Norris SE MM melalui Kepala Bidang (Kabid) Distribusi dan Cadangan Pangan Alfatah Dwi Putra STP MM Mengungkapkan, pada tahun 2024 ini, Dinas Ketahanan Pangan sedang memperbaiki Database usaha penggilingan Padi yang ada di beberapa kecamatan kabupaten Lahat.

Dirinya menjelaskan, hal ini sebagai upaya nyata yang dilakukan Pemkab Lahat Dalam rangka mengamati perkembangan harga, pasokan serta peredaran beras lokal di Kabupaten Lahat yang belum terpantau maksimal.

“ Usaha Penggilingan Padi yang aktif di setiap kecamatan akan di catat, dari sini kita bisa melihat berapa angka, produksi dan peredaran beras lokal di kabupaten” jelasnya
Alfatah, Jumat (15/3/ 2024) diruang kerjanya.

Dijelaskannya, berdasarkan Analisa Dinas Ketahanan Pangan, kebutuhan masyarakat kabupaten Lahat akan beras pada tahun 2024 ini minus di angka 5800 (Lima Ribu Delapan Ratus) ton.

” hal itulah yang akan menjadi acuan untuk pengadaan cadangan pangan, yang dalam hal ini bisa dipakai dalam penanganan bencana alam, pengentasan stunting dan pengentasan kemiskinan, serta dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan turut serta aktif dalam penyaluran beras SPHP kepada masyarakat,” tutupnya.

News Feed