oleh

Dinas PU Terus Berupaya Perbaikan Saluran Air Yang Bocor

PAGARALAM, MS – Banyaknya keluhan yang masuk ke Kantor PDAM terkait dengan saluran suplai air yang bocor segera direspon oleh bagian teknik PDAM untuk segera dapat mengatasi hal itu. Terdapat sekitar saluran suplai air yang harus segera dibenahi.

Kepala Dinas PUPR Kota Pagar Alam Daplis Joni melalui Kepala Bidang UPTD PAM Amanu mengatakan teknik PDAM mengatakan bahwa dari hasil analisa tim teknik, kebocoran yang terjadi kebanyakan diakibatkan karena pembengkakan akar pohon besar yang menghimpit dan menekan pipa jaringan PDAM.

“Selain itu juga akibat hentakan kendaraan karena jaringan pipa ada di bawah jalan dan pinggiran jalan raya, dan produksi air banyak yang di by pass karena penyempitan pipa,” ujarnya.

Berdasarkan perhitungan teknis, saat ini hanya sekitar jaringan PDAM Kota Pagar Alam yang masuk kategori layak pakai Pagar Alam Utara, Pagar Alam selatan, Dempo Utara dan Dempo Selatan dan wilayah Dempo Tengah tidak beroperasi dikaeranan ada kerusakan berat namun dinas PU khususnya UPTD PAM masih berusaha mengajukan perbaikan ke Balai besar sumber daya air (SDA) Provinsi Sumatera Selatan.

Amanu mengaku, pipa jaringan area Jalan yang saat ini sudah dilakukan perbaikan di antaranya jalur Jalan Gunung,Jalan Puskesmas Sedirojo dan simpang empat nendagung. itu menjadi yang paling sering terjadi kebocoran. Akibatnya banyak pelanggan yang mengeluh debit air yang mengalir menurun bahkan ada yang mampet.

Kepala UPTD menambahkan, awal tahun 2024 telah dilakukan beberapa penggantian pipa saluran di beberapa titik dan akan dilanjutkan untuk tahun ini . Len

News Feed