oleh

Dinas TPHP Ajak Kembangkan Ternak dengan Metode IB

LAHAT, MS – Pemerintah Kabupaten Lahat melalui dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan ( TPHP ) me mpunyai program pengembangan hewan melalui Inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik.

Kepala Dinas TPHP melalui
kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Adi Sulistyono menjelaskan Inseminasi buatan atau kawin suntik adalah sebuah inovasi bioteknologi reproduksi peternakan yaitu suatu cara atau teknik untuk memasukkan mani/ sperma ternak jantan ke saluran alat kelamin ternak betina dengan menggunakan metode dan alat khusus yaitu Insemination gun.

“Cara ini dipakai untuk mengembangkan ternak lebih banyak lagi dan lebih efisien, hewan biasanya hanya mampu mengawini beberapa ekor betina, sementara teknologi IB ini memungkinkan akan lebih banyak lagi hewan yang dilahirkan,” jelasnya, Jum’at (1/3/24) diruang kerjanya.

Keuntungan lain dari perkawinan IB ini juga untuk memperbaiki mutu genetika ternak, efisien dan lebih murah, hewan betina tidak harus dibawa ke tempat yang yang dibutuhkan sehingga akan mengurangi biaya dan risiko, selain itu dapat meningkatkan kelahiran serta dapat mencegah penularan penyakit kelamin.

” Untuk para peternak apa bila ada minat untuk mengembangkan ternaknya melalui IB, silahkan datang dan laporkan kekami Dinas TPHP bidang Peternakan, dan kami akan mendatangi lokasi peternakan anda, dan kami siap membantu dan menjalankan tugas,” tuturnya.

News Feed