You are here
Dinobatkan Bunda Baca, Thia Yufada Dodi Reza Ajak Pelajar Muba Gemar Membaca HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

Dinobatkan Bunda Baca, Thia Yufada Dodi Reza Ajak Pelajar Muba Gemar Membaca

MUSI BANYUASIN, MS – Ketua tim penggerak PKK Musi Banyuasin (Muba) Hj Thia Yufada Dodi Reza mengajak pelajar di Serasan Sekate untuk gemar membaca. Bahkan, Hj Thia Yufada dinobatkan sebagai Bunda Baca oleh Bupati Muba H Dodi Reza Alex.

Ketua Tim Penggerak PKK Muba Thia Yufada mengatakan, buku merupakan refrensi serta sebuah panduan yang bisa dibilang peluang tanpa batas untuk seseorang bisa melakukan tindakan, mengembangkan emosi, mengenali lingkungan dan membangun karakter. “Jika seseorang itu gemar membaca buku, selain itu buku akan memberikan kita sumber informasi yang berisi topik yang dibutuhkan dan buku menjadi bagian panduan kita untuk lebih mengetahui apa yang ingin lebih kita ketahui,” ungkapnya.

Dikatakan dia, untuk seseorang anak yang memiliki prestasi dan kemampuan akademis dasar pada umumnya memiliki kemampuan membaca dan menulis.

“Membaca itu juga bukan hanya melalui media buku saja, tetapi bisa dilakukan melalui media lain seperti koran, majalah, buku buku inspirasi, novel hingga informasi dari media -media online yang saat ini banyak menjadi literasi atau bahan bacaan,” ujar Thia.

Dengan membaca, dilanjukan Thia, maka akan mendapatkan sebuah informasi baru dan tak jarang informasi itu bisa berguna bagi diri sendiri dan juga bisa berbagi kepada orang lain untuk kemajuan bersama. “Apalagi jika gemar membaca buku yang notabene banyak informasi di dalamnya. Nah, secara tidak langsung membaca pun bisa mempengaruhi pribadi kita saat dalam pergaulan. Ketika Anda bergabung dalam sebuah komunitas atau perkumpulan baru pun juga akan mudah berbaur jika gemar membaca,” pungkanya.

Selain itu, menurut Thia, dengan gemar membaca akan lebih mudah mendapatkan sebuah pekerjaan dan membangun sebuah hubungan social. “Seseorang yang gemar membaca juga akan membuat kita lebih percaya diri dan memudahkan kita untuk terintergrasi kepada orang dan masyarakat dilingkungan kita. Dan saya berharap dan mengimbau kita semuanya warga Musi Banyuasin dan orang tua yang ada di Musi Banyuasin ini untuk mendorong anak-anak kita untuk gemar membaca sebab dengan gerakan masif kita lakukan bersama sama tentunya menjadi hal positif. Saya mengimbau sebaiknya dilakukan dan dibimbing oleh orang tua sejak dini,” imbuh Thia.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muba Drs Yohanes Yubhar MM, Senin (3/12/2018) menuturkan, untuk tahun ini pihaknya memilih Duta Baca sekolah tingkat SMP regional 3 yakni Kecamatan Lais, Keluang, Lalan dan Babat Supat. “Ya, mereka ini akan mempromosikan gerakan Muba Gemar Membaca dilingkungan sekolah dan masyarakat,” ungkap Yohanes.

Lanjutnya, pengukuhan Duta Baca Sekolah oleh Bunda Baca Muba direncanakan dilaksanakan tanggal 6 Desember 2018 mendatang bertempat di SMP 3 Sekayu dan direncanakan akan dihadiri langsung oleh Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin.

“Kita menyadari minat baca masyarakat Muba masih rendah, untuk itu perlu kita dukung upaya Bunda Baca Muba mengkampanyekan gerakan membaca,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba Musni Wijaya SSo MSi, meminta kepada Perangkat Daerah yang terlibat kepanitiaan kegiatan agar melakukan persiapan yang maksimal.

“Salah satu faktor menjadi pintar adalah dengan membaca, sejatinya kita semua harus mempersiapkannya dengan matang sehingga pembentukan insan yang cerdas, kompetitif dan berkarakter dapat terwujud dan anak anak pelajar Muba kedepannya akan lebih pintar dari daerah lain,” harapnya. (red)

Related posts

Leave a Comment