oleh

Disdikbud Gelar Rakor Forum Komunikasi PAUD-SD se-Kabupaten OKU Timur, Ini Tujuannya!

OKUTIMUR, MS – Sosialisasikan program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan diwilayah Bumi Sebiduk Sehaluan.

Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten OKU Timur gelar Rapat Koordinasi Forum Komunikasi PAUD-SD Se-Kabupaten OKU Timur.

Rakor ini dibuka langsung oleh Ketua PKK OKU Timur sekaligus Ketua Bunda PAUD OKU Timur dr. Sheila Noberta Sp.A M.Kes dididampingi Kepala Disdikbud Wakimin, S.Pd diwakili Sekretaris Dinas Ir. H. Dodi Purnama, S.T. M.M, bertempat di Ruang Rapat Bina Praja II Setda OKU Timur, Selasa, 4 Juni 2024.

Rakor yang dikemas dengan pemaparan materi dari Ketua IGTKI Kecamatan Martapura dan Diskusi secara interaksi dengan bertajuk “Guru Bertanya, Bunda Paud Menjawab” tersebut turut dihadiri, Kabid Pembinaan PAUD & PNF Desti Tirtayana, S.E. M.M., Kepala Sekolah Dasar, Kepala PAUD.

Dalam sambutannya, Bunda PAUD OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A. M.Kes mengatakan, tugas dari Forum Komunikasi PAUD-SD yang utama adalah mensosialisasikan bagaimana transisi PAUD ke SD yang menyenangkan beserta juknis dan tupoksinya sehingga transisi PAUD-SD tersebut bisa berjalan dengan baik.

“Kita harap transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bisa berjalan baik dan merata di semua kecamatan. Maka dengan adanya forum ini bisa menjadi wadah bagi kita untuk menyatukan pikiran agar apa yang akan dilakukan di bawah itu sama dan tersistematis,” katanya.

Dikatakan, dengan Forum ini juga diharapkan bisa mengevaluasi bagaimana berjalannya Program Transisi PAUD Ke SD di tahun sebelumnya.

“Maksudnya, Apa yang menjadi kendala dan hambatan, bisa kita carikan solusi dan kita pecahkan permasalahannya, sehingga kinerja dan perkembangan dari program ini terus mengalami peningkatan,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengharapkan agar semua yang terlibat dalam program transisi PAUD ke SD dapat lebih berusaha lagi untuk menjalankan program tersebut.

“Saya mendoakan semoga program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dapat membawa dampak positif dan meningkatkan semangat belajar pada anak,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur melalui Sekretaris Ir. H. Dodi Purnama, S.T. M.M menambahkan, tujuan diadakannya Rapat Koordinasi Forum Komunikasi PAUD-SD adalah mensosialisasikan pentingnya kesiapan bersekolah dan menjadi wadah berbagi informasi dan koordinasi antara perangkat sekolah dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur.

Selain itu, juga bertujuan untuk menyelaraskan praktik pembelajaran yang ada di SD agar dapat mendukung pembelajaran di PAUD dan sebaliknya, serta mensosialisasikan pentingnya pembelajaran multibahasa berbasis bahasa ibu terutama untuk komunitas yang menggunakan bahasa lokal.

“Hasil yang diharapkan nantinya adalah bisa terbentuknya Forum Komunikasi PAUD-SD di masing-masing kecamatan dan terealisasinya program Forum tersebut, terciptanya satuan PAUD-SD yang memiliki kesiapan dalam mengimplementasikan program kesiapan bersekolah secara terintegrasi,” pungkasnya. (Boy)

News Feed