oleh

Ditemukan Goa di Desa Rimba Candi

PAGARALAM, MS – Sebuah Goa ditemukan di hutan diwilayah Desa Rimba Candi, Kota Pagaralam, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) membuat warga Geger. Pasalnya mereka yakini kalau Goa tersebut merupakan peninggalan bersejarah.

Hal ini diperkuat dengan adanya temuan ukiran yang menyerupai Kuba Masjid, bertuliskan Allah, serta ukiran yang menyerupai tengkorak kepala manusia di dinding pintu masuk Goa tersebut. Karena di samping pintu masuk Goa tersebut terdapat Air Terjun.

Menurut keterangan warga Ansory Desa Rimba Candi yang ditemui wartawan menuturkan, selama dirinya tinggal sejak dari tahun 1974, tidak pernah melihat adanya Goa. “Kalau ada air terjun kami sudah lama mengetahuinya,” ujarnya.

Lebih lanjut Ansory mengungkapkan, warga sempat menyusuri goa yang panjangnya diperkirakan kurang lebih mencapai 15 meter, dan tinggi kurang lebih 5 meter.

“Tapi penelusuran kami akhirnya terhenti karena kondisi di dalamnya cukup gelap, jalannya juga hanya setapak. Kami takut untuk melanjutkan penelusuran tersebut,” ujar Ansory.

Atas penemuan ini, terlihat masyarakat Desa Rimba Candi, langsung bergotong royong membersihkan kawasan hutan tersebut.

“Karena ini adalah temuan langka. Rencananya kami akan jadikan tempat ini sebagai tempat objek wisata,” ungkapnya.

Sayangnya, warga Desa Rimba Candi masih harus menunggu lama untuk mewujudkan rencana mendirikan tempat wisata di area tempat penemuan Goa tersebut.

“Hingga pada saat ini, baik Tim Arkeolog Sumatera Selatan, maupun Pemerintah Daerah Kota Pagar Alam, belum ada yang peduli atas penemuan Goa yang diyakini warga sebagai situs bersejarah ini,” pungkasnya. (len)

News Feed