oleh

Dorong Semangat Wirausaha Baru, TP PKK OKUT Salurkan Bantuan Alat Jahit dan Obras

OKUTIMUR, MS – Dorong semangat wirausaha baru, Tim Penggerak PKK OKU Timur gelar kegiatan pelatihan bagi wirausaha pemula serta memberikan bantuan peralatan kepada usaha mikro kecil berupa mesin jahit dan mesin obras. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Aula Penginapan Helena, Desa Sidodadi, Kecamatan Belitang, OKU Timur, Senin (28/3/2022).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Timur Dr. Sheila Noberta, Sp.A, M.Kes mengatakan, kegiatan ini guna memacu dan mendorong perkembangan usaha mikro kecil. Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Koperasi UKM telah melakukan beberapa terobosan seperti memberikan bantuan izin usaha mukro kecil secara gratis, serta melakukan pelatihan kepada wirausaha muda, dan juga pemberian bantuan peralatan bagi industri rumah tangga.

“Kepada penerima bantuan alat ini, kami harapkan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan belajarlah menjadi orang yang amanah. Saya mengingatkan bantuan ini hanya bersifat stimulus untuk pengembangan usaha, selain itu harus mempunyai inovasi dan kreatifitas sendiri, tidak hanya melalui pembelajaran langsung namun juga bisa kreatif secara otodidak” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM OKU Timur Ir. Santio, M.M menambahkan, pada kegiatan ini dirinya juga menyalurkan bantuan dari provinsi dan kabupaten berupa mesin jahit untuk para calon pelaku usaha di OKU Timur. Dirinya juga imengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi dalam hal ini Dinas Koperasi dan UKM Provinsi dan juga kepada Bapak Bupati OKU Timur yang telah mendukung program kami serta telah memberikan bantuan peralatan industri.

“Dengan pemberdayaan melalui kemitraan usaha mikro (pelatihan bagi wirausaha pemula) ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan UMKM di Kabupaten OKU Timur. Kami juga berharap para pelaku wirausaha baru dapat mengembangkan sendiri usahanya, namun tetap menjadi tinjauan pemerintah dalam menjalankan usahanya” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi & UKM Provinsi Sumsel melalui Sekretaris Drs. Hermansyah Qodho berharap, peralatan yang diserahkan ini agar benar-benar dimanfaatkan dengan baik, dan jangan dipindah tangankan artinya diperjualbelikan. Kami berharap calon wirausaha ini dapat berjalan dengan baik, bahkan dari pemberian peralatan yang cuma satu bisa jadi dua, diberi dua bisa jadi tiga, dan terus berkembang.

“Peluang usaha kita di sektor informal ini sangat banyak, termasuk menjadi pengusaha di bidang jahit ini. Oleh karena itu tolong dimanfaatkan peluang ini, terutama saat ini pemerintah sangat berfokus memberikan perhatian kepada pelaku-pelaku usaha kecil, tujuannya agar dapat menekan angka pengangguran di OKU Timur” imbuhnya. (Boy)

News Feed