You are here
DPMD Muba Gelar Latihan Kelembagaan Desa DAERAH HEADLINE 

DPMD Muba Gelar Latihan Kelembagaan Desa

MUSI BANYUASIN, MS – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar latihan kelembagaan desa se-Kecamatan dalam Kabupaten Muba. Kali ini pelatihan dilaksanakan bersama Pemerintah Desa Ngulak III Kecamatan Sanga Desa, kemarin (22/5).

Pelatihan Kelembagaan Desa itu diperuntukan bagi kepala desa, perangkat desa, BPD, dan LPM. Pelatihan yang digelar selama dua hari dari tanggal 22 – 23 Mei 2018 di kantor desa Ngulak III ini, diikuti seluruh perangkat desa, BPD, serta LPM yang berjumlah sekitar 30 orang.

Kepala Desa Ngulak III Hendriyansyah, saat ditemui wartawan seusai pelatihan menuturkan bahwa pelatihan yang digelar ini termasuk dalam program pemberdayaan masyarakat untuk Dana Desa (DD) APBN 2018.

“Ini merupakan salah satu bentuk program pemberdayaan masyarakat untuk DD APBN 2018, salah satunya yakni pelatihan bagi seluruh perangkat desa ini,” ungkapnya.

Ia pun berharap dengan mengikuti pelatihan kelembagaan ini, wawasan dari seluruh perangkat desa, BPD, dan LPM desa Ngulak III dapat lebih meningkat.

“Saya harap setelah mengikuti pelatihan yang diadakan ini wawasan seluruh peserta, baik itu mengenai pengelolaan keuangan desa, perencanaan dan penyusunan program pembangunan desa, dan lain sebagainya bisa lebih berkembang dan Pembangunan desa juga bisa meningkat,” pintanya.

Sementara itu Camat Sanga Desa H Irwan Sazili, SSos, MSi Melalui Kasi PPDK Masmawi, SSos, Selaku Kasi Pemberdayaan Pemerintah Desa Kelurahan Di Kecamatan Sanga Desa. Dia mengatakan, pelatihan kelembagaan desa untuk tahun 2018 di kecamatan Sanga Desa sudah dimulai sejak Senin 21 Mei 2018.

“Kita sudah mulai sejak hari senin kemarin, dimana 4 desa yakni Air balui, Nganti, Panai, dan Penggage yang melaksanakan untuk hari senin dan hari ini. Hari ini juga ada 4 desa yang melaksanakan yaitu Jud 1, Jud 2, Ngunang, serta Ngulak III. Besok (hari ini, red) giliran Terusan dan desa-desa yang berada disebelah hilir Kecamatan yang melaksanakan, begitu seterusnya,” jelasnya.

Senada juga dikatakan oleh Kabid KMD dan Sosbud DPMD Muba, Ir Alibana MSi. Menurut dia pelatihan kelembagaan sebagai pendorong program kemajuan dan peningkatan SDM para perangkat desa dalam mengelola DD APBN .

“Untuk DD APBN itukan ada dua macam bentuk realisasi programnya yakni berupa fisik, dan berupa pemberdayaan. Nah, salah satu bentuk pemberdayaan itu iyalah pelatihan kelembagaan ini. Guna tidak lain adalah untuk meningkatkan pemahaman para perangkat pemerintahan desa yang ada mengenai tupoksi mereka, serta mengembangkan wawasan mereka dalam mengelola pemerintahan desa yang ada baik dari segi pembangunan, maupun keuangan desa,” tutupnya. (SBA)

Related posts

Leave a Comment