You are here
DPRD Muba Minta Perbaiki Jalan Dari Macang Sakti ke Mangun Jaya DAERAH HEADLINE 

DPRD Muba Minta Perbaiki Jalan Dari Macang Sakti ke Mangun Jaya

MUSI BANYUASIN, MS – DPRD Musi Banyuasin (Muba) meminta pihak perusahaan yang berada di wilayah Kecamatan Sanga Desa untuk memperbaiki jalan Desa Macang Sakti menuju Kelurahan Mangun Jaya Kecamatan Babat Toman yang sepanjang 45 Km.

Hal ini diungkapkan saat pertemuan Ketua DPRD Kabupaten Musi (Muba) bersama unsur pimpinan DPRD lainnya mengajak rapat pihak perusahaan yang berada di wilayah Kecamatan Sanga Desa di ruangan Ketua DPRD Muba, Senin (26/03/2018)

Hadir pada kesempatan itu Dinas PU Penata Ruang (PU PR) Kabupaten Muba, PT.Conoco Phillips (CPGL), PT IKPT, PT IBP, dan PT PIP.

“Saya selaku ketua DPRD Muba meminta agar semua perusahaan agar segera memperbaiki jalan yang dilalui pihak perusahaan, karena status jalan itu adalah jalan Pemerintah Daerah Muba. Karena kondisinya sekarang dalam keadaan yang rusak parah,” ujar Ketua DPRD Muba, H. Abusari Burhan SH MSi.

Ia beralasan, saat ini masyarakat selaku pengguna jalan jadi terhambat menggunakannya sebagai akses utama masyarakat untuk masuk ke Desa Macang Sakti menuju Mangun Jaya.

“Apabila tidak ada solusi atau partispasi pihak perusahaan, saya akan memerintah masyarakat untuk menutup jalan tersebut. Pihak perusahan jangan gunakan dan jangan lewat lagi dijalan itu. Sebab kerusakan itu disebabkan intensitas pemakaian jalan adalah perusahaan. Kalau masyarakat berapa lah yang menggunakannya. Dan tidak akan separah itu bila hanya dipakai oleh masyarakat saja. Tentu yang banyak memakai jalan itu iya perusahaan. Namun sejauh ini, pihak perusahaan kurang peduli atas jalan itu,” tegasnya.

Ditempat yang sama, pihak pimpinan PT IBP, Arif Rahman didampingi Rodianto serta PT PIP, A.Sirait menjelaskan bahwa upaya yang telah dilakukan pihak perusahan. Hanya saja karena kondisi alam yang intensitas curah hujan cukup tinggi, akhirnya dalam waktu singkat jalan kembali rusak.

“Memang material jenis batu yang telah kami gunakan belum memakai jenis batu gunung hingga cepat hilang bila cuaca hujan,” ungkap Arif.

Dikatakan dia, pihak perusahaan juga akan segera melakukan perbaikan jalan dengan menggunakan batu gunung atau upaya-upaya lain yang bisa membuat jalan bagus dan masyarakat bisa melalui jalan dengan baik. “Kalau kontribusi dan upaya perawatan telah dilakukan oleh pihak PT IBP dan PIP. Hanya saja selama ini, belum pakai batu gunung ketika menimbun jalan tersebut,” imbuhnya.

Sementara dari pihak Pt. Conoco Philillips, yang diwakili humas eksternal nya, Ari Wahyudi didampingi subcontnya GM PT IKPT Suryawan mengaku bahwa asset mereka tidak ada lagi disana hingga tidak melalui jalan itu lagi. “Ya, bentuk CSR PT Conoco disalurkan dengan membangun masjid di desa Macang Sakti,” ungkapnya.

Kepala Dinas PU PR Kab Muba, yang diwakili Bidang Program dan Perencanaan Rudianto menuturkan pihak PU PR akan segera berkoordinasi dengan Pemkab Muba dan pemerintah desa serta kecamatan untuk mengontrol jalan sebelum proyek pelaksanaan pembangunan dilakukan yang memakai anggaran Pemda Muba. “Bulan Mei 2018 mendatang jalan itu akan dibangun. Kita harapkan perusahaan yang melakukan prawatan jalan itu sebelum proyek berlansung,” pintanya.

Wakil Ketua 1 DPRD Muba, Jon Kenedy didampingi Edi Heryanto SH mengimbau agar pihak PU PR untuk segera memperhatikan dan mengontrol jalan tersebut. “Sebelum proyek dari anggaran pemerintah itu berjalan, pihak PU PR supaya berkoordinasi pada semua pihak perusahaan yang ada disekitar jalan Macang sakti – Mangun Jaya agar merawat jalan itu sebelum proyek berjalan,” tuturnya. (sba)

Related posts

Leave a Comment