You are here
Dua Mahasiswi UBL Raih Prestasi Lomba Tingkat Nasional HEADLINE PENDIDIKAN 

Dua Mahasiswi UBL Raih Prestasi Lomba Tingkat Nasional

BANDAR LAMPUNG, MS – Peran Universitas Bandar Lampung (UBL) dalam mencetak mahasiswa-mahasiswa berprestasi ditingkat nasional dibidang akademik, tapi juga non akademik, tidak pernah ada henti-hentinya.

Seperti baru-baru ini, dalam kurun waktu yang berdekatan, dua mahasiswi UBL berhasil menorehkan tinta emas prestasi dieven lomba nsionalnya masing-masing. Dimulai dari mahasiswi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Linda Firnanda yang berhasil menjadi juara 1 Seni Tunggal Purti Kategori Dewasa, dalam Kejuaraan Pencak Silat SMI Kota Baru Open II Tingkat Nasional. Kejuaraan ini dilaksanakan di Bekasi, Jawa Barat pada tanggal 15 hingga 18 Februari 2018.

Kegiatan ini diikuti oleh provinsi- provinsi di Indonesia seperti Jakarta, Riau, Palembang dan berbagai kabupaten-kota lainnya dari seluruh propinsi secara nasional. Ajang ini pula menyertakan jumlah peserta ribuan orang sesuai kelas pertandingan yang diikuti.

Linda mengatakan bahwa dirinya menjadi perwakilan UBL dan Perguruan Pencak Silat Satria Sejati Lampung dalam kegiatan tersebut “Saya sendiri dalam kejuaraan ini mewakili UBL dan Perguruan Pencaksilat Satria Sejati, saya berangkat bersama pelatih dan tim saya” ucap Linda belum lama ini.

Mahasiswi yang baru duduk di semester dua prodi Ekonomi Akutansi ini mengatakan bahwa dirinya sudah sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP) menekuni beladiri pencak silat Satria Sejati dan sekarang sudah sampai pada sabuk coklat tingkat tertinggi dari pencak silat ini

“Awalnya saya mengikuti ekstrakurikulerdi SMP dan saya sempat berhenti berlatih selama SMA karena di SMA saya tidak ada ekstrakurikuler pencak silat ini, lalu sekarang setelah masuk kuliah saya kembali berlatih” terang Linda.
Menurut Linda UBL sangat mendukung dan mensuport dalam kegiatannya kali ini “Saya dalam mengikuti kegiatan ini sangat didukung oleh UBL, proses dari pengajuan proposal sampai pencairan danacepat jadi bisa langsung mengikuti lomba ini. Saya berharap UBL dapat terus mendukung dan mensuport kami dan mahasiswa- mahasiswa lain yang berbakat dibidang masing-masing,” tambah Linda.

Selain Linda, mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (PBI FKIP) angkatan 2017 UBL Alvita Harahap, menorehkan prestasi nasional pula sebagai juara III News Casting European Economic Community (EEC)-EEC In Action (EIA) XVII 2018 The National English Competition, yang diselenggarakan oleh Economics’ English Club, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Lampung (EEC FEB Unila) pada 20-22 Februari 2018 lalu.

Kejuaraan Tingkat Nasional terbuka ini diikuti oleh semua peserta dari kalangan mahasiswa di tingkat universitas di Indonesia, dengan 50 peserta sebagai batas maksimal. Dalam kompetisi Newscasting ini, peserta akan mengantarkan News sebagai jangkar berita profesional di televisi dalam waktu yang ditentukan berdasarkan ronde.

“Kriteria penilaian dari kompetisi ini adalah Pertunjukan (presentasi diri, kepercayaan diri, ekspresi dan kontak mata), Penampilan (kerapian, pakaian dan make up), material (kontrol material, intonasi, artikulasi, tempo) dan Kemampuan dalam bahasa Inggris (kosa kata, tata bahasa , pengucapan, kefasihan),” paparnya.

Sekilas tentang acara EEC EEIA ini diselengarakan setiap tahun sejak tahun 2001 yang di isi dengan lima cabang lomba yaitu storytelling, newscasting, debate, speech, dan scrabble. UBL sendiri mengirimkan tiga orang peserta 2 orang dicabang storytelling dan Alvita dicabang newscasting, “Yang saya ikuti adalah newscasting, saya mengikuti tiga babak yaitu audisi pada tanggal 20 Februari lalu pada tanggal 21 Februari saya masuk babak grand final dan lanjut ke babak final, dan saya mendapat juara 3,” terang Alvita.

Menurut Alvita acara yang di ikuti oleh berbagai universitas di Indonesia seperti Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Santa Dharma Yogyakarta, Universitas Negeri Padang dan masih banyak lagi ini menjadi wadahnya untuk menyalurkan bakat

“Alhamdulillah terimakasih untuk semua dosen dan semua yang mendukung saya sampai mendapat hasil tersebut, ini menjadi ajang saya untuk terus belajar dan menyalurkan bakat, semoga setelah ini English Club UBL dan semua mahasiswa/i UBL meraih prestasi untuk mengharumkan nama baik UBL” sambung Alvita.

Terpisah, menyikapi keberhasilan dua mahasiswa secara nasional. Kepala Biro Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (BPKHA) UBL Dra. Yulfriwini, M.T mewakili Rektor UBL Dr. Ir. M. Yusuf. S. Barusan, MBA sangat mengapresiasi dan bangga atas pencapaian pretasi diajang prestasi tersebut. Bahkan, Yulfriwini mengharapkan prestasi ini dapat melecut para mahasiswi UBL lainnya untuk berprestasi serupa diberbagai ajang kejuaraan lainnya.

“Kami (UBL) tentunya sangat puas atas pencapaian (prestasi) kedua anak-anakku (Linda dan Alvita) di tingkatnasional ini. Kami (kampus UBL) bersama pihak Yayasan(Yayasan Administrasi Lampung/YAL) selalu mendukung dan memotivasi agar mahasiswa terus dapat berprestasi di segala bidang,” pungkasnya. (rel/red)

Related posts

Leave a Comment