oleh

Dukung Kelancaran Pemilu dan Pilkada, 2.178 Satlinmas ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM

OKUTIMUR, MS – Sukseskan serta mendukung kelancaran Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 yang aman damai dan kondusif di wilayah Bumi Sebiduk Sehaluan.

Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Satuan Polisi Pamong Praja, Linmas dan Damkar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas SDM Satlinmas Desa dan Kelurahan Kabupaten OKU Timur.

Bimtek ini diikuti oleh peserta sebanyak 2.178 orang anggota Satlinmas Desa dan Kelurahan se-Kabuoaten OKU Timur dan dibuka langsung oleh Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T didampingi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Drs. Vikron, M.M, bertempat di Aula SMA Negeri 1 Beliatang, Rabu (7/2/2024).

Turut hadir pada acara tersebut dari Unsur Forkopimda dan Forkopimda Plus, Staf Khusus, Kepala OPD dan Camat di Lingkungan Pemkab OKU Timur, Komisioner KPU, Anggota Bawaslu, dan 2178 Anggota Satlinmas Peserta Bimtek.

Dalam laporannya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Drs. Vikron, M.M mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan ini dalam rangka implementasi penyelenggaraan ketertiban umum dan ketertiban masyarakat serta perlindungan masyarakat di Kabupaten OKU Timur dan upaya meningkatkan kemampuan Satlinmas dalam menjalankan peran, fungsi, tugas dan tanggung jawab.

“Kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 Februari 2024 yang terbagi menjadi tiga zona, yaitu Zona 1 Belitang , Zona 2 Semendawai Barat, dan Zona 3 Martapura serta Pembukaan dilangsungkan di Aula SMA Negeri 1 Belitang,” ujarnya.

Sementara, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T mengatakan, perkembangan dinamika politik yang diperkirakan akan terus meningkat menjelang Pemilu dan Pilkada tahun 2024. Untuk itu, satlinmas yang dilantik mampu berpartisipasi dalam mensukseskan pemilu 2024 ini.

“Satlinmas yang telah saya Lantik dan diambil sumpahnya diharapkan dapat berpartisipasi dalam mendukung kelancaran proses Pemilu dan Pilkada 2024 ini,” ujarnya.

Bupati menjelaskan, berdasarkan Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Penugasan Satlinmas Dalam Penanganan Ketentraman, Ketertiban dan Keamanan penyelenggaraan pemilu, Satlinmas memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga keamanan termasuk di TPS dan Pengawalan Logistik, baik di Pos maupun saat penghitungan suara.

Kerjasama erat dengan koordinator dari TNI dan Polri akan menjadi kunci sukses dalam pelaksanaan pemilu yang aman dan kondusif.

“Maka, Bimtek tersebut sangat penting untuk memberi pemahaman Tupoksi Satlinmas, Menjaga Netralitas serta Menjaga Kesehatan Selama Bertugas,” pungkasnya. (Boy)

News Feed