oleh

Dukung Penuh Program PKK Jenis Keterampilan Tata Busana, dr. Sheila Inginkan LPK di OKUT Semakin Banyak

OKUTIMUR, MS – Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui TP PKK Kabupaten OKU Timur mendukung penuh kegiatan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) Jenis Keterampilan Tata Busana yang digelar oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi bekerjasama dengan LKP Nuansa Indah Tailor.

Demikian hal tersebut dibuktikan Ketua TP. PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes saat membuka kegiatan yang berlangsung di LKP Nuansa Indah Tailor, Desa Sumber Asri Kecamatan BMT, Senin (23/10/2023).

“Saya mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Saya selaku Ketua TP. PKK OKU Timur dan mewakili Bapak Bupati tentu sangat mendukung kegiatan ini,” katanya.

Dikatakan, dampak dari kegiatan ini diharapkan dapat membentuk generasi-generasi yang terampil terutama untuk teman-teman yang mungkin kurang beruntung yang belum mendapatkan pendidikan formal.

“Kegiatan ini sangat luar biasa, kegiatan seperti ini tentunya memiliki daya saing, namun mereka (peserta) yang ikut pada kegiatan ini dapat berpartisipasi dalam pembangunan serta dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya,” tuturnya.

Dihadapan para peserta dan tamu undangan lainnya, dr. Sheila mengungkapkan keinginannya agar Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) semakin banyak di OKU Timur.

“Dengan luas demografi OKU Timur yang begitu luas, nanti akan kita kordinasikan dengan pemerintah untuk menambah LPK karena melihat manfaat yang didapatkan dari kegiatan yang sangat luar biasa ini,” ujarnya.

Untuk itu, dirinya juga berharap kepada PT. Sansan Saudaratex Jaya selaku mitra untuk lebih banyak menerima lulusan warga OKU Timur untuk bekerja di perusahaan tersebut.

“Harapan kami, PT. Sansan Saudaratex Jaya dapat menerima lebih banyak alumni-alumni dari pelatihan ini,” imbubnya.

Sementara itu, DPP Ikatan Perancang Busana Indonesia (IPBI) Dewi Syamsiah Fujiwara. S.Pd.i mengatakan, bahwa pelaksanaan program ini dapat menjadi prioritas utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam kebutuhan kerja.

“Untuk itu, saya juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan skill masyarakat di bidang tata busana serta dapat menyerap tenaga kerja yang kompeten,” harapnya.

Sementara, Pimpinan LKP Nuansa Indah Tailor Teguh Wiyono menjelaskan, bahwa pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta yang nantinya setelah pelatihan akan diseleksi kembali untuk disalurkan ke PT. Sansan Saudara Tex Jaya di Semarang dan Banyumas.

Untuk mendapatkan program ini, lanjutnya, lembaga terlebih dulu harus memenuhi syarat, dimulai dari sarana dan prasarana, instruktur yang wajib bersertifikat level 3 tata busana dan metodelogi, disamping itu juga lembaga wajib mempunyai mitra DUDI dalam rangka penempatan kerja.

“Alhamdulillah kami sudah memenuhi syarat, adapun instruktur kita Khubid Hidayah Aini, S.Pd. sudah level 3, kemarin sempat mengikuti pelatihan di Makassar,” pungkasnya. (Boy)

News Feed