oleh

Eks P3N Bakal Dibuatkan Forum Khusus

LUBUKLINGGAU, MS – Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe mengumpulkan kembali para Pembantu Pegawai Pencatatan Nikah (P3N) yang dulu dirumahkan, karena penghapusan P3N oleh Kementerian Agama (Kemenag). Pemanggilan puluhan P3N itu, bertujuan agar dapat kembali diberdayakan dengan peran dan tugas berbeda.

Sebab, rencananya Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau, bakal membentuk Forum Ukhuwa Ulama dan umaroh (FU3) yang diisi oleh mantan-mantan P3N, sebab tugas pokok FU3 terkait agama dan sosial di masyarakat.

“Mantan-mantan P3N yang tidak terakomodir di Kemenag, kita ajak bentuk forum ini,” ungkap Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, Rabu (26/10).

Menurut walikota, pembentukan forum tersebut cukup baik dilakukan, sebagai langkah membangun ketokohan di masyarakat, sehingga terdapat tokoh-tokoh di tiap lingkungan masyarakat.

“Saya ingin membangun ketokohan di masyarakat, seperti tokoh adat yang sudah ada di Lembaga Adat. Jadi, di bidang agama, juga harus ada tokoh agama,” kata dia.

Diterangkannya, salah satu contoh tugas pokok dan fungsi forum tersebut, misalnya yakni menjalin sinergisitas antara ulama dan umaroh.

“Jadi, seandainya ada warga yang mendapati musibah, seperti anggota keluarga meninggal dunia, mereka yang bertugas. Termasuk, mengajari masyarakat soal-soal agama, contohnya melatih warga mengurusi jenazah dan hal lain,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu mantan P3N, Syaiful Bari mengaku, pembentukan forum tersebut sangat baik, sebab selain memberdayakan kembali Eks P3N, hal itu juga memberikan ruang sinergi antara ulama dan umaroh.

“Sangat bagus, sebab saya ini sebagai umaroh, jadi dengan adanya lembaga ini, kedepan kerjasama antara umaroh dan ulama semakin terjalin baik,” ungkapnya. (sen)

News Feed