You are here
Ekspor Kopi Lampung Meningkat BISNIS 

Ekspor Kopi Lampung Meningkat

BANDARLAMPUNG, MS – Peminat Kopi banyak baik itu di dalam negeri maupun diluar negeri, dan realitanya bahwa kopi asal kota Bandarlampung, banyak disukai oleh penikmat kopi yang ada di luar negeri, sebab kopi yang berasal dari sana merupakan kopi yang benar-benar pas, dan nikmat rasanya. Realisasi ekspor produk industri kopi instan asal Provinsi Lampung selama September 2016 senilai USD274.164, dengan volume 12 ton.

“Prospek ekspor kopi instan dari Lampung masih tetap cerah, mengingat realisasi ekspor setiap bulan cukup baik,  pangsa pasar kopi instan Lampung ke sejumlah negara masih terjaga hingga sekarang. Dinas Perindag Lampung menyebutkan sentra produksi industri komoditas kopi instan Lampung terdapat di Kota Bandarlampung, ” ujarnya. Ferynia Kadisperidag  Jumat. (21/10)

Ia menambahkan daerah ini memiliki kapasitas produksi kopi instan rata-rata 6.000 hingga 10.000 ton per tahun.Penjualan kopi instan di dalam negeri dengan rata-rata 100 ton per bulannya, dan sejumlah warga di Provinsi Lampung memproduksi kopi olahan. Ada yang memproduksi kopi bubuk, ada juga yang sekaligus membuka gerai kopi.

Bahkan telah terbentuk Asosiasi Industri Kopi Bubuk Lampung dengan anggota pengusaha dari berbagai daerah dalam asosiasi tersebut. Sebanyak 40 pengusaha bergabung dalam asosiasi ini, sedangkan jumlah industri kopi bubuk di Lampung di atas 200-an unit dan membutuhkan sekira 100 ton kopi biji per bulan. Pangsa pasar kopi sendiri terbuka lebar, tidak saja di Sumatera, tapi juga ke Pulau Jawa bahkan ekspor.

Di Provinsi Lampung merupakan penghasil kopi robusta terbesar di Tanah Air dengan rata-rata produksi sekitar 100.000 ton per tahun. Sentra perkebunan kopi Lampung di Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, Lampung Utara, dan Waykanan.(Ok/In)

Related posts

Leave a Comment