You are here
Elly Sulastri: Semangat Kartini Perkuat Daya Cipta dan Kreativitas Perempuan DAERAH HEADLINE 

Elly Sulastri: Semangat Kartini Perkuat Daya Cipta dan Kreativitas Perempuan

LAHAT, MS – Bupati Lahat Cik Ujang SH dan ketua TP PKK Lahat Lidya Wati S Hut hadiri peringatan Hari Kartini ke140 tahun 2019 mengusung tema “Dengan semangat kartini memperkuat daya cipta dan kreativitas perempuan milenial”.kegiatan dipusaykan di gedung kesenian Kabupaten Lahat, Rabu (24/04/2019)

Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lahat dr.Hj.Elly Sulastri,MARS dalam laporanya menyampaikan bahwa peringatan hari Kartini yang ke 140 tahun 2019 di Kabupaten Lahat ini bertujuan untuk mengenang jasa perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam memajukan partisipasi perempuan dan juga memperat tali silaturahmi dan tali persaudaran antara perempuan dan anak pada khususnya dan perenpuan pada masyarakat pada umumnya.

Adapun acara yang di laksabakan untuk memperingati hari Kartini di Kabupaten Lahat diantaranya,acara lomba kebaya nasional pada tanggal 16 April di ballroom hotel Grandzuri Lahat,lomba masakan serba ikan oleh Dinas Perikanan yang di ikuti oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Lahat, peringatan hari Kartini pada hari Rabu tanggal 24 April 2019,bantuan ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat untuk kaum dzuafa berupa 10 paket sembako,lomba nasi goreng yang di selenggarakan oleh Ketua GOW Kabupaten Lahat.

Ditempat yang sma bupati Lahat Cik Ujang,SH menyampaikan bahwa peringatan hari Kartini ini merupakan momentum sebagaimana peringatan yang sesuai dengan tokoh perempuan sebagai tokoh sentral yang mempunyai rasa percaya diri yang tinggi.Disamping itu juga mempunyai hak perempuan sehingga mampu dan mempunyai kesempatan yang sama dengan kaum laki-laki.

Atas perjuangan Kartini juga para perempuan di Indonesia dapat berprestasi dalam kegiatan pembangunan ekonomi dan sosial.Dengan semangat itulah perempuan mempunyai kesempatan yang sama dengan laki-laki.Peringatan hari Kartini ini sebagaimana lebih dari itu sudah selayaknya ada persetaraan antara hak perempuan dan laki-laki.

Perempuan adalah tokoh sentral yang luar biasa besar dalam membentuk karakter Bangsa. Kemampuan ini memerukan pondaasi yang kuat serta percaya diri yang tinggi.

“Dengan ini yang mendasari Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan hak perempuan, sehingga mampu memberikan tatanan kehidupan masyarakat yang terkait dengan posisi kaum perempuan. Atas Perjuang Raden Ajeng Kartini kita bisa melihat perempuan – perempuan Indonesia yang hebat, tidak hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga dalam memberi warna kehidupan masyarakat dengan berbagai kegiatan – kegiatan Pembangunan dan Sosial, ” jelasnya.

Sedangkan Desi Maliwarti S.IP.MM selaku Kepala Bidang pemenuhan hak anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Kabupaten Lahat mengatakan bahwa kegitan yang dilksankan kali ini disesuaikan dengan tema yang ada untuk tahun ini.Adapun kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk menunjang kreativitas-kreativitas kaum perempuan untuk berkarya di bidang sandang,pangan dan pendidikan.Motivasi dari kegiatan ini adalah untuk memberikan semangat kepada kaum perempuan dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Lahat serta menunjang program kota layak anak pada tahun 2021.

Dalam kegiatan petingatan hari Kartini diisi dengan kegiatan salah satunya, lomba memasak nasi goreng dan diisi juga dengan meninjau kegiatan pemeriksaan IVA Test dan Pelayanan KB yang dilaksanakan serentak di seluruh Puskesmas Kabupaten Lahat. (Nur)

Related posts

Leave a Comment