You are here
Gubernur Sulap Lapangan Jakabaring Jadi Sirkuit OLAHRAGA 

Gubernur Sulap Lapangan Jakabaring Jadi Sirkuit

PALEMBANG, MS – Gubernur Sumatera Selatan, Ir. Alex Noerdin, dan berencana akan membuat lapangan sirkuit motor, yang ada dilapangan Jakabaring, kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (SUMSEL), lapangan ini akan diciptakan dengan lapangan Internasional, agar bisa digunakan untuk perlombaan balapan MotoGP dan F1 nantinya.

Gubernur Sumsel, Ir Alex Noerdin mengatakan, sebagai tuan rumah sudah sepatutnya, untuk bertahap membangun kota Palembang, apalagi di dunia olahraga, fasilitas untuk pesertapun telah dipersiapkan, sarana transportasinya sudah siapkan juga, diantaranya pembangunan jalur kereta api cepat. Minggu (30/10).

“Saya percaya setelah sekali kami mengadakan MotoGP pada 2018, maka akan kami tingkatkan untuk menyelenggarakan F1 pada tahun berikutnya.Toh, hanya tinggal menambah sarana dan prasarana, “ Ujarnya.

Ia menambahkan pembangunan Sirkuit Jakabaring akan dimulai pada 2017. Sirkuit tersebut dirancang oleh desainer sirkuit terkenal asal Jerman, Hermann Tilke, yang juga mendesain Sirkuit Sepang di Malaysia.

“Untuk ukuran Sirkuitnya panjang 4,314 km, 14 tikungan (sembilan ke kiri dan lima ke kanan), delapan area tribune, dan berkapasitas 130 ribu penonton. Pada area sirkuit juga terdapat arena balap gokar, “ tuturnya.

Ia menegaskan seluruh pembiayaan pembangunan Sirkuit Jakabaring murni 100 persen berasal dari investasi swasta. Namun, Alex belum mengungkap berapa perkiraan anggaran totalnya.

“Saat saya membuat status dengan mengatakan kami pasti membangun sirkuit untuk MotoGP, ada beberapa yang menanggapi miring. Mereka bilang menghabiskan uang negara sampai tak ada manfaatnya. Padahal tak ada anggaran negara baik APBN apalagi APBD yang belakangan mengalami pemotongan beberapa kali dari pusat,” ujar Alex.

Dengan adanya Sumsel sebagai tuan rumah, bisa menambah pendapatan asli daerah provinsi SUMSEL juga, kita contohkan Singapura maju dan berkembang ekonominya, sebab olahraga orang pasti suka, dan bisa menambah kas negara juga, serta pendapatan ekonomi rakyat meningkat juga. (Bl/In)

Related posts

Leave a Comment